Salin Artikel

Kemenkes: Kasus Covid-19 di Kepri dan Jakarta Meningkat dalam Sepekan

"Setidaknya ada beberapa provinsi yang terjadi peningkatan kasus Covid-19 yaitu Kepulauan Riau dan DKI Jakarta, tentunya sebagai pintu masuk negara terdapat peningkatan kasus yang cukup signifikan pada minggu ini," kata Nadia melalui kanal YouTube FMBID_IKP, Rabu (29/12/2021).

Nadia mengatakan, selain DKI Jakarta dan Kepri, kasus Covid-19 juga meningkat di beberapa provinsi, yaitu Kalimantan Utara, Maluku, Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, Banten, dan Riau.

Oleh karena itu, ia meminta semua daerah mewaspadai perkembangan kasus harian Covid-19 mengingat kasus varian Omicron dari transmisi lokal sudah ditemukan di Indonesia.

"Pemerintah tentunya akan terus selalu memantau dan mengontrol pintu-pintu masuk negara untuk memperlambat bertambahnya kasus Omicron dan varian-varian lainnya yang berasal dari negara lain," ujar dia.

Nadia juga mengatakan, hingga saat ini terdapat lima tempat pemeriksaan Imigrasi bandara, sembilan tempat pemeriksaan imigrasi pelabuhan laut, dan delapan pintu masuk darat di Pos Lintas Batas Negara (PLBN)

Adapun dalam periode 1 Januari 2021-27 Desember 2021 tercatat sebanyak 10.243 kasus positif Covid-19 ditemukan di Bandara Soekarno-Hatta dan 3.209 kasus positif dari pelabuhan Batam.

Lebih lanjut, Nadia meminta kerja sama dan dukungan masyarakat dalam upaya pengendalian Covid-19 seperti, pelacakan kontak erat (tracing), pemeriksaan (testing), dan karantina maupun isolasi.

Berdasarkan data dari Satgas Penanganan Covid-19 pada Rabu (29/12/2021), ada 194 penambahan kasus baru positif Covid-19.

Dengan demikan, total kasus Covid-19 di Indonesia saat ini mencapai 4.262.351, terhitung sejak kasus pertama diumumkan Presiden Joko Widodo pada 2 Maret 2020.

Adapun dari jumlah kasus baru tersebut, terdapat 5 provinsi yang mencatatkan penambahan kasus baru tertinggi yakni Papua Barat, Jawa Barat (36 kasus) , DKI Jakarta (27 kasus), dan Kepulauan Riau (25 kasus).

https://nasional.kompas.com/read/2021/12/30/08114101/kemenkes-kasus-covid-19-di-kepri-dan-jakarta-meningkat-dalam-sepekan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.