Salin Artikel

Wapres: Pemerintah Targetkan Akhir 2021 Herd Immunity Covid-19 Tercapai

Hal tersebut disampaikan Ma'ruf saat berkunjung ke ke Pondok Pesantren (Ponpes) An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Kamis (19/8/2021) untuk meninjau vaksinasi Covid-19.

"Saya harap tahun 2021 akhir sudah tervaksinasi seluruhnya untuk mencapai herd immunity. Jadi ingi Indonesia sudah selesai 77 persen dari penduduknya sudah divaksinasi sekitar 200,8 juta penduduk," ujar Ma'ruf dalam sambutannya.

Ma'ruf mengakui bahwa orang yang divaksin Covid-19 tidak berarti akan kebal dari Covid-19, tetapi orang tersebut akan lebih tangguh dan aman.

Mereka yang divaksin, kata dia, meskipun terkena Covid-19 tidak akan berat dan tidak membahayakan.

"Karena itu saya berharap seluruh masyarakat mau divaksin Covid-19," kata dia.

Melalui vaksinasi Covid-19, ujar Ma'ruf, maka akan segera tercapai kekebalan kelompok sebagaimana yang diharapkan.

Di samping itu, vaksinasi Covid-19 juga menjadi perintah agama sebagai ikhtiar manusia menjaga diri dari bahaya.

"Jadi kalau ada orang yang masih belum (vaksinasi), dengan pemahaman yang keliru bahwa seakan-akan dia harus pasrah pada takdir, tapi kita diperintah untuk berikhtiar, mencegah terjadinya penyakit atau mengobati," kata dia.

Oleh karena itu, mengikuti vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan tidak hanya merupakan kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga kewajiban agama.

Apabila ada yang masih tidak paham, kata dia, apalagi di pesantren harus diperhatikan karena sudah ada petunjuk tentang hal tersebut dari para ulama.

"Jadi saya anjurkan semua masyarakat segera ikuti vaksinasi dan masyarakat mematuhi protokol kesehatan, jaga jarak, pakai masker dan itu bukan hanya sebagai kewajiban sebagai warga negara, tetapi juga perintah agama yang harus kita laksanakan," ucap Ma'ruf.

https://nasional.kompas.com/read/2021/08/19/12323601/wapres-pemerintah-targetkan-akhir-2021-herd-immunity-covid-19-tercapai

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke