Salin Artikel

Indonesia Apresiasi Peran Presiden AS Joe Biden dalam Proses Gencatan Senjata di Palestina

Hal tersebut disampaikan Mahendra saat melakukan pertemuan bilateral dengan Wamenlu AS Wendy R Sherman, Senin (31/5/2021) yang tengah berkunjung ke Indonesia.

"Tentu kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta peran dari Presiden Biden sehingga proses gencatan senjata (di Palestina) dapat berlangsung," kata Mahendra usai pertemuan dalam konferensi pers virtual.

Ia mengatakan, Indonesia menyambut baik gencatan senjata dalam konflik Palestina-Israel itu.

Menurut dia, proses gencatan senjata itu harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk meredakan ketegangan antar kedua negara yang terjadi.

"Dalam konteks tadi, Indonesia menyambut baik posisi AS yang mendukung prinsip two state solution dan menyatakan kesiapan Indonesia untuk bekrontribusi dalam mewujudkan solusi ini," kata dia.

Adapun dalam pertemuan, pihaknya juga membahas beberapa hal tentang penguatan kerja sama bilateral kedua negara di bawah kerangka kemitraan strategis.

Antara lain dalam hal kerja sama di bidang ekonomi yang mencakup perdagangan dan investasi, kerja sama digital, kesehatan, dan teknologi.

Termasuk membahas kerja sama perubahan iklim (climate change) yang mencakup upaya untuk terus memperkuat hubungan yang sudah ada.

"Termasuk join task force antara Indonesia-AS yang mencakup beberapa elemen kerja sama penting termasuk dalam mendorong transisi energi Indonesia untuk semakin memperkuat kontribusi dari faktor energi terbarukan dan energi baru," ucap dia.

https://nasional.kompas.com/read/2021/05/31/12065671/indonesia-apresiasi-peran-presiden-as-joe-biden-dalam-proses-gencatan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke