Salin Artikel

Ini Kecanggihan MV Swift Rescue, Kapal Singapura yang Bantu Cari KRI Nanggala-402

MV Swift Rescue dijadwalkan tiba di lokasi pencarian hilangnya KRI Nanggala-402 pada Sabtu (24/4/2021).

Selain Singapura, Indonesia juga akan mendapat sokongan dari Malaysia yang mengerahkan kapal Rescue Mega Bakti yang dijadwalkan tiba pada Senin (26/4/2021).

"Penawaran bantuan dari negara sahabat yang pertama dari Singapura. Malaysia juga menawarkankan kapal resque Mega Bakti (rencana datang) pada tanggal 26 April," ujar Riad dalam konferensi pers dikutip dari Kompas TV, Kamis (22/4/2021).

Adapun spesifikasi dan kecanggihan MV Swift Rescue sendiri sebagai berikut:

Dilansir dari Straits Times, MV Swift Rescue merupakan kapal yang sudah dioperasikan RSN sejak November 2008. Kapal ini dilengkapi dengan kemampuan Submarine Escape and Rescue (SMER).

Sementara sistem penyelamatannya sendiri mencakup Submarine Rescue Vehicle (SRV) dan Submarine Support and Rescue Vessel (SSRV). SRV terintegrasi dengan SSRV dan akan diangkut ke lokasi kapal selam yang tertekan.

MV Swift Rescue memiliki panjang 85 meter, lebar 18,3 meter dan draft 4,3 meter. Kedalaman ke dek utama adalah 7,5 meter dan berat kapal 4.290 ton.

Kapal tersebut dapat membawa 27 awak untuk melakukan operasi penyelamatan dan pelarian kapal selam.

MV Swift Rescue dilengkapi dengan Submarine Rescue Vehicle DSAR 6, ruang Transfer under Pressure (TUP), Launch and Recovery System (LARS), Integrated Navigation and Tracking System, Remotely Operated Vehicle (ROV), dan helipad.

Swift Rescue memiliki kecepatan maksimal 12 knot dan dapat beroperasi di laut terus-menerus hingga 28 hari.

Kapal ini dilengkapi dengan kapal selam Deep Search and Rescue Six (DSAR 6).

DSAR 6 mampu terjun ke kedalaman air, menempelkan tubuhnya ke kapal selam yang lumpuh, menyelamatkan penumpang dan membawa mereka kembali ke kapal.

Personel yang terlatih dalam pengobatan hiperbarik dapat merawat mereka.

Kapal ini juga dilengkapi dengan ruang kompresi ulang yang membantu mencegah dan mengobati penyakit dekompresi, bangsal ketergantungan tinggi delapan tempat tidur, dan ruang sakit dengan ketersediaan 10 tempat tidur.

https://nasional.kompas.com/read/2021/04/22/13565561/ini-kecanggihan-mv-swift-rescue-kapal-singapura-yang-bantu-cari-kri-nanggala

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke