Salin Artikel

Epidemiolog: Penurunan Kasus Covid-19 Sementara, Harus Ada Upaya Cegah Kenaikan

Pandu mengingatkan ada potensi terjadinya kenaikan kasus Covid-19 kembali.

"Orang sudah mulai lupa dengan pandemi. Rumah sakit sudah mulai turun, dokternya bisa jalan-jalan ke Ancol yang di Wisma Atlet. Itu membuktikan bahwa betul-betul turun sekarang ini. Tapi itu turun sementara. Itu ujian bagi kita semua," kata Pandu dalam acara deklarasi dukungan terhadap BPOM yang diselenggarakan secara daring, Sabtu (17/4/2021).

Ia pun mengatakan pemerintah harus belajar dari pengalaman sebelumnya dan pengalaman dari negara lain untuk mencegah terjadinya kenaikan kasus Covid-19.

Dua hal yang perlu dilakukan pemerintah adalah membatasi mobilitas penduduk serta meningkatkan perilaku 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) dan 3T (pengetesan, pelacakan, pengobatan).

"Dengan demikian kita berusaha menghambat penularan, menghambat terjadinya transisi yang cepat dari virus lama ke virus baru dominasinya. Itu yang kita khawatirkan. Seharusnya kita mampu," ujar Pandu.

Menurut Pandu, pandemi Covid-19 masih jauh dari usai. Karena itu, kata dia, yang penting adalah bagaimana upaya pemerintah untuk mengendalikannya.

Pandu mengatakan, jangan sampai pemerintah sibuk dengan isu-isu lain yang menghambat upaya mengatasi pandemi.

"Kita harus mampu, jangan sampai kita terdistraksi dengan isu-isu yang menganggu usaha mengatasi pandemi. Kalau kita mau menekan gelombang yang lebih tinggi, mungkin tetap terjadi, tapi mungkin juga tidak terjadi. Kita belajar dari pengalaman negara lain," tuturnya.

Terkait program vaksinasi Covid-19, menurut Pandu yang perlu diperhatikan pemerintah adalah kesiapan perusahaan-perusahaan farmasi untuk meningkatkan kapasitas produksi vaksin.

Dengan demikian, stok vaksin di dalam negeri dapat terus terpenuhi.

"Kalau Bio Farma atau perusahaan vaksin itu ditingkatkan kapasitasnya bisa membuat vaksin tidak hanya Sinovac, tapi dengan mRNA, Astra Zeneca, jika kita juga mampu, maka kita bisa menjadi pabrik vaksin yang cukup besar di Indonesia," kata Pandu.

Ia pun mengingatkan, penanganan pandemi harus dilakukan secara cepat, pandai, dan bijaksana. Sebab, virus SARS-CoV-2 ini terus bermutasi.

"Banyak cara yang harus kita lakukan dan harus cepat. Karena kita berlomba bukan dengan virus, tapi kecepatan virus itu sendiri yang selalu bermutasi dan kita harus jauh lebih cepat, pandai, dan bijaksana," ucapnya.

https://nasional.kompas.com/read/2021/04/17/16091571/epidemiolog-penurunan-kasus-covid-19-sementara-harus-ada-upaya-cegah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke