Salin Artikel

Prabowo Tiba di Tanah Air Besok Setelah Bertemu Menhan Jepang

"Beliau memang sudah dijadwal akan tiba besok di Jakarta," ujar Juru Bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak melalui pesan singkat, Selasa (30/3/2021).

Adapun pertemuan secara tatap muka Prabowo dengan Nobuo merupakan kali pertama dilakukan setelah sebelumnya keduanya hanya menjalin komunikasi secara virtual.

Dalam pertemuan itu, Prabowo dan Nobuo saling bertukar pandangan mengenai isu keamanan regional dan kerja sama pertahanan, serta menegaskan kembali upaya memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

Prabowo juga menyampaikan pandangannya soal diplomasi dan dialog dalam menyelesaikan sengketa antarnegara dan penegakan supremasi hukum.

"Serta lebih meningkatkan kerja sama service to service, serta menyambut baik diadakannya pertemuan 2-plus-2 pada 30 Maret untuk pertama kalinya dalam 5 tahun ini," ujar Dahnil dikutip dari Antara, Senin (29/3/2021).

Prabowo dan Nobuo juga membahas rencana kunjungan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto ke Jepang untuk melaksanakan dialog military to military.

Kunjungan Hadi itu terkait konsultasi kerja sama alutsista dan teknologi secara spesifik.

Kemudian, soal latihan bersama bilateral, partisipasi dalam Japan Self-Defense Forces (JSDF), latihan multilateral "Komodo" dan mempromosikan kerja sama di bidang high availability and disaster recovery, termasuk dalam penanggulangan Covid-19.

Di samping itu, Prabowo dan Nobuo juga membahas situasi di Myanmar dan mengekspresikan keprihatinan yang mendalam atas situasi tersebut.

"Kedua Menhan menegaskan niat kedua negara untuk bekerja sama secara erat dalam masalah ini," kata Dahnil.

https://nasional.kompas.com/read/2021/03/30/13101781/prabowo-tiba-di-tanah-air-besok-setelah-bertemu-menhan-jepang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke