Salin Artikel

APPI Akui Ada Dampak secara Bisnis jika Kompetisi Dilanjutkan Tanpa Penonton

"Memang pasti akan ada dampak secara bisnis atau ekonomi terhadap tim yang bertanding, tapi memang itu syarat yang tidak bisa ditawar," ujar Ponaryo dalam diskusi di Graha BNPB, Jakarta, Minggu (21/6/2020).

Ponaryo menyebut, tim peserta mau tidak mau harus beradaptasi dengan regulasi yang nantinya akan diterapkan dalam lanjutan kompetisi di tengah pandemi Covid-19.

Namun demikian, pilihan itu harus diambil. Mengingat, yang tetap menjadi pertimbangan utama adalah kesehatan dan keselamatan tim peserta.

"Biar bagaimanapun adalah kesehatan dan keselamatan, kalaupun harus dilakukan tanpa penonton sekalipun, ya itu pilihan yang harus diambil, bagaimana mensiasati," tegas dia.

PSSI sebelumnya telah menawarkan adanya perubahan format home turnamen dalam lanjutan kompetisi di daerah zona hijau dari Covid-19.

Di sisi lain, kata Ponaryo, PSSI juga perlu mencermati jika tim peserta akan disentralkan dalam satu hotel yang sama.

"Hotel sebisa mungkin dikondisikan, tidak ada orang lain selain dari tim itu sendiri, karena semua pemain dibawa di situ," terang mantan penggawa Persija Jakarta tersebut.

"Diusahakan tidak ada orang lain atau publik bisa masuk ke hotel itu. Jadi benar-benar dikarantina, sehingga lebih mudah memonitor bagaimana perkembangan Covid-19," tegas dia.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan telah mengumumkan kompetisi sepak bola Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 berlanjut.

Keputusan kelanjutan dua kompetisi kasta tertinggi Indonesia berdasarkan hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI pada Rabu (17/6/2020) secara virtual.

Rencananya, Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 akan berlangsung mulai September atau Oktober 2020.

https://nasional.kompas.com/read/2020/06/21/14264691/appi-akui-ada-dampak-secara-bisnis-jika-kompetisi-dilanjutkan-tanpa-penonton

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke