Salin Artikel

Hotel Tutup, 22 Mahasiswa Magang Dipulangkan dari Hongkong

Berdasarkan data Konsul Jenderal RI di Hongkong, ada 22 WNI magang yang dipulangkan ke Tanah Air.

Mereka merupakan mahasiswa dari perguruan tinggi perhotelan di Jakarta dan Batam yang telah magang sejak Februari 2020.

"Kami cukup kaget karena magang diselesaikan lebih cepat oleh pihak Intercontinental. Selain itu kami juga mendengar bahwa terjadi pembatasan transportasi di Indonesia. Kami bersyukur dibantu oleh KJRI Hong Kong," kata salah seorang peserta magang, Yunus Gozali, seperti dilansir dari laman Kemlu, Selasa (5/5/2020).

Sedianya, para mahasiswa tersebut baru menyelesaikan pendidikan magang pada Agustus mendatang.

Namun, pada April lalu pihak manajemen hotel meminta agar para mahasiswa dapat kembali ke Tanah Air lebih cepat karena hotel akan ditutup.

Konsul Jenderal Indonesia di Hong Kong Ricky Suhendar menjelaskan bahwa industri perhotelan merupakan salah satu industri yang paling terdampak pandemi Covid-19 di Hongkong.

"Makau juga mengalami situasi sulit karena dampak Covid-19 yang berkepanjangan. Di saat seperti inilah diharapkan peran aktif perwakilan untuk memberikan pelindungan bagi para WNI," kata dia.

KJRI Hongkong telah menerima permohonan bantuan dari 190 orang WNI di Makau yang sebagian besar bekerja di hotel atau kasino dan mengalami pemutusan hubungan kerja atau cuti tanpa dibayar.

"Distribusi kebutuhan pokok dilakukan melalui kantor perwakilan KJRI Hongkong di Makau. Kami juga berkolaborasi dengan berbagai elemen komunitas Indonesia di Makau untuk mendata WNI yang membutuhkan bantuan," ucap Ricky.

Ia pun memastikan bahwa KJRI Hongkong akan selalu memantau dan memberikan bantuan bagi para WNI yang membutuhkan, baik yang berada di Hong Kong maupun di Makau.

https://nasional.kompas.com/read/2020/05/05/15220371/hotel-tutup-22-mahasiswa-magang-dipulangkan-dari-hongkong

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke