Salin Artikel

Sekolah Diliburkan, KPI Imbau Lembaga Penyiaran Tayangkan Konten Ramah Semua Usia

Imbauan tersebut menyusul dikeluarkannya Surat Edaran (SE) bernomor 156/K/KPI/31.2/03/2020 tentang peran serta lembaga penyiaran dalam penanggulangan persebaran wabah corona.

"Mengingat adanya kebijakan pemerintah terkait pemindahan kegiatan belajar di rumah, maka Lembaga Penyiaran agar memperhatikan konten siaran yang ramah bagi semua usia," ujar Agung dikutip dari surat edaran tersebut, Senin (16/3/2020).

Agung mengatakan SE tersebut dimaksudkan untuk mengajak lembaga penyiaran berkontribusi dalam upaya pemerintah menyosialisasikan pencegahan pandemi Covid-19.

Karena itu, Agung meminta lembaga penyiaran sebaiknya mengutamakan perlindungan anak dan remaja.

Termasuk menyediakan program siaran pendidikan dan pembelajaran sebagai pengganti proses belajar dan mengajar.

Agung juga meminta agar lembaga penyiaran dapat mengutamakan keselamatan para jurnalis dan kru penyiaran lainnya dengan menaati protokol pencegahan dan penanggulangan wabah Covid-19.

Selain itu, pihaknya juga meminta lembaga penyiaran dapat mendukung instruksi pemerintah dengan menginformasikan melalui iklan layanan masyarakat.

Termasuk menginformasikan secara masif tentang imbauan kepada masyarakat agar membatasi interaksi sosial.

"Yaitu dengan melakukan kegiatan di rumah dan menghindari kerumunan massa," katanya.

Dia menambahkan, lembaga penyiaran juga perlu mengubah format program siaran yang melibatkan banyak orang, seperti peserta atau penonton.

"Baik yang disiarkan secara on air (live atau tapping) maupun off air yang ditayangkan di televisi maupun radio di seluruh Indonesia," tegas dia.

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/16/21155441/sekolah-diliburkan-kpi-imbau-lembaga-penyiaran-tayangkan-konten-ramah-semua

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.