Salin Artikel

Menhub: Tak Ada Lagi Penerbangan ke Arab Saudi Mulai Besok

"Otoritas Saudi kan tidak menerima. Jadi jelas penerbangan tidak akan dilakukan lagi ke Saudi kecuali yang sudah terlanjur hari ini. Jadi untuk besok itu sudah tidak ada lagi penerbangan ke Arab Saudi," kata Budi Karya di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Ia yakin Pemerintah Arab Saudi telah mengkaji betul kebijakan tersebut yang tentunya berdampak pada perekonomian mereka.

Namun, Pemerintah Indonesia akan terus memperbaharui informasi mengenai penangguhan visa umrah agar dapat memberi kepastian kepada para jemaah.

Ia mengatakan, ada 100 penerbangan untuk umrah setiap minggunya. Ia pun sudah menginstruksikan maskapai untuk menginformasikan hal ini kepada penumpang yang hendak bertolak ke Arab Saudi.

"Sebenarnya saya sudah menyampaikan pada AP II. Sudah menyampaikan pada airlines agar dari online menginformasikan agar jemaah itu menunda perjalanan ke bandara, tetapi kan mereka sudah jalan, mereka ke sana saya akan ke sana ke bandara untuk bertemu (jemaah)," ucap dia.

Dikutip dari Arab News, Kamis (27/2/2020), tak hanya visa umrah, Arab Saudi juga telah menangguhkan visa turis yang datang dari negara-negara dengan kasus virus corona.

Pihaknya juga menyebutkan bahwa otoritas kesehatan Arab Saudi terus memantau perkembangan terkini dari penyebaran virus corona yang mulai menginfeksi sejumlah negara Teluk dalam beberapa hari terakhir.

Tindakan tersebut dilakukan untuk tindakan pencegahan serta perlindungan terbaik bagi keselamatan warga dan setiap orang yang berniat mengunjungi Arab Saudi, baik untuk tujuan umrah maupun wisata.

https://nasional.kompas.com/read/2020/02/27/19391431/menhub-tak-ada-lagi-penerbangan-ke-arab-saudi-mulai-besok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke