Salin Artikel

Ketua MPR Harap Saudi Beri Kelonggaran kepada Jemaah Umrah RI

Pasalnya, hingga kini Indonesia masih dinyatakan bersih dari penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Bambang saat menerima kunjungan Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (Rabithah Al Alam Al Islami), HE Mr Sheikh Mohammed bin Abdulkarim Al Issa, di Gedung MPR RI, Jakarta, Kamis (27/2/20).

“Berbeda dengan negara lain seperti Malaysia, Thailand, Singapura, India, Pakistan dan yang lainnya yang terkena penghentian sementara umrah lantaran di negaranya sudah ditemukan banyak warga yang terkena virus Covid-19, di Indonesia sejauh ini masih bersih,” kata Bambang dalam keterangan tertulis.

Arab Saudi sebelumnya menangguhkan pelaksanaan ibadah umrah setelah melihat perkembangan terkini atas penyebaran Covid-19.

Selain umrah, kebijakan tersebut juga berlaku bagi mereka yang ingin mengunjungi Masjid Nabawi dan wisatawan yang ingin berkunjung ke Arab Saudi yang berasal dari negara yang telah terpapar virus Covid-19.

Bambang khawatir, kebijakan yang dibuat Pemerintah Arab Saudi justru akan membuat jamaah asal Indonesia kecewa.

“Pelarangan tersebut akan membuat sedih para jamaah Indonesia, yang setiap tahunnya tak kurang dari satu juta jamaah melakukan ibadah umrah," ujarnya.

Untuk diketahui, Pemerintah Arab Saudi sebelumnya berdalih bahwa kebijakan ini diambil atas masukan dari otoritas kesehatan berwenang dan sekaligus mendukung Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dalam menghentikan, mengendalikan dan menghilangkan virus tersebut.

https://nasional.kompas.com/read/2020/02/27/14241551/ketua-mpr-harap-saudi-beri-kelonggaran-kepada-jemaah-umrah-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke