Salin Artikel

Mendagri Ungkap Ada Anggaran Daerah yang Disimpan di Bank, Berharap Deposito

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan adanya sejumlah daerah yang menyimpan anggaran di Bank. Anggaran itu sengaja tak dibelanjakan karena berharap mendapat deposito.

"Ada beberapa daerah yang uangnya disimpan di bank, tidak beredar di tengah masyarakat, dan mengharapkan depositonya," kata Tito di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (25/20/2020).

Tito menyebut hal ini diketahui berdasarkan temuan Kementerian Keuangan. Namun ia tak merinci daerah yang dimaksud.

Tito hanya menekankan bahwa kejadian serupa tak boleh lagi terulang pada tahun ini. Apalagi pada tahun 2020 ini ekonomi Indonesia diprediksi akan turut terdampak oleh penyebaran virus Corona.

"Sekali lagi teman-teman kepala daerah, tolong betul-betul untuk segera dibelanjakan agar uang beredar sehingga daya tahan masyarakat menghadapi tekanan ekonomi akan kuat," kata Tito.

Tito mengaku sudah menyampaikan surat edaran kepada setiap kepala daerah. Ia juga mengaku selalu mengingatkan hal ini dalam rapat di setiap provinsi.

Menurut dia, transfer pusat ke daerah setiap tahunnya mencapai Rp 856 triliun. Bahkan untuk tahun ini ada tambahan sebesar Rp 200 triliun. Artinya ada anggaran Rp 1000 triliun lebih yang ditransfer ke daerah.

"Jangan sampai hanya tersimpan di bank," ucapnya.

https://nasional.kompas.com/read/2020/02/25/21312911/mendagri-ungkap-ada-anggaran-daerah-yang-disimpan-di-bank-berharap-deposito

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke