Salin Artikel

BNPB Serahkan 10.000 Masker untuk WNI di China ke Kemenlu

Bantuan itu diberikan secara simbolis ke Kementerian Luar Negeri (Kemlu) pada Rabu (29/1/2020).

"10.000 pieces yang akan kami kirim masker N 95 dan hari ini kami serahkan kepada Kemlu," kata Kepala Biro Hukum, Organisasi, dan Kerja Sama BNPB Zaherman Muabesi di Kantor Kemlu, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Bantuan masker itu akan dikelola oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di China untuk selanjutnya disalurkan ke WNI yang membutuhkan.

Dia menyampaikan, bantuan ini merupakan respons cepat terhadap permintaan KBRI China sekaligus sebagai dukungan moral Pemerintah Indonesia bagi warga negaranya.

Bantuan akan dikirim ke Beijing dengan Pesawat Garuda, berangkat dari Jakarta pukul 18.40 WIB dan diperkirakan sampai besok pagi (30/1/2020) pukul 05.00 waktu setempat.

Di tempat yang sama, Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha berterimakasih BNPB sudah cepat tanggap memberikan bantuan masker untuk para WNI.

"Kami menyambut baik sebagaiamana yang disampaikan sudah menyampaikan 10rbu masker N95 yang sangat diperlukan oleh saudara kita di Wuhan," ujar Judha.

"Kami berterima kasih atas respon cepat BNPB ini bentuk koordinasi dan kerjasama yang baik untuk tanggap darurat virus corona," sambungnya.

Judha menjelaskan, saat ini pemerintah fokus untuk menjaga keselamatan WNI di China.

Maka dari itu, Kemlu berterimakasih dengang BNPB.

"Fokus kita saat ini yang paling utama saat ini adalah menjaga keselamatan watga kita 243 orang di Hubei. pencegahan ini jadi prioritas kita. Masker ini jadi untuk mencegah sudara kita terjangkit corona virus ini," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, ada 243 WNI yang tersebar di 15 titik karantina di China untuk mencegah virus corona.

Data tersebut juga sudah disampaikan Retno kepada Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam rapat koordinasi bahas penyebaran virus corona di Kantor Kementerian PMK, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

"Jadi terutama adalah di 15 titik karantina yang ditetapkan oleh Pemerintah Tiongkok," kata Retno.

"Ada 243 warga negara kita yang berada di 15 titik karantina, 100 di antaranya berada di Wuhan," ucap dia. 

https://nasional.kompas.com/read/2020/01/29/16364471/bnpb-serahkan-10000-masker-untuk-wni-di-china-ke-kemenlu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke