Salin Artikel

Jokowi Akui Tawari Putra Mahkota UEA Investasi di Pulau Mori

Namun ia meminta agar hal itu tidak diartikan bahwa RI menjual pulaunya ke pihak luar.

"Kami ini bukan menawarkan pulau, kami menawarkan investasi. Jangan ditulis berbeda," ujar Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Menurut Jokowi, Indonesia memiliki banyak pulau yang bisa dimanfaatkan. Indonesia pun terbuka jika ada pihak yang meminta untuk investasi di salah satu daerah.

"Kalau mau ada investasi di sebuah kabupaten, ya silakan. Misalnya, di Labuan Bajo yang ini sedang kita dorong, mungkin di sebuah pulau di Labuan Bajo. Kita ini negara kepulauan ya pasti di sebuah pulau," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menawarkan Pulau Mori di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, kepada Putra Mahkota Uni Emirat Arab Mohamed Bin Zayed.

Tawaran itu disampaikan Luhut karena Mohamed Bin Zayed minta dicarikan pulau di Indonesia dengan udara dingin dan pantai indah untuk berinvestasi di bidang pariwisata.

“Tadi misalnya Crown Prince minta dicarikan satu pulau yang udaranya agak dingin, pantainya bagus, dia betul-betul mau investasi di situ, tadi kita tawarkan Tanah Mori untuk masuk ke arah itu nanti persiapan,” kata Luhut seperti dikutip dari Antara, Senin (13/1/2020).

Mohamed Bin Zayed sendiri belum lama ini diminta Presiden Joko Widodo menjadi Ketua Dewan Pengarah Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

Mohamed Bin Zayed akan memiliki dua anggota dewan pengarah, yaitu Masayoshi Son yang merupakan pendiri SoftBank dan Chief Executive Officer dari SoftBank Mobile, serta Tony Blair yang merupakan Perdana Menteri Inggris periode 1997-2007.

https://nasional.kompas.com/read/2020/01/17/16561101/jokowi-akui-tawari-putra-mahkota-uea-investasi-di-pulau-mori

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke