Salin Artikel

Waketum PAN Sebut Amien Rais Buka Ruang untuk Kader Maju Jadi Caketum

Sebab, kata dia, para petinggi PAN membuka ruang bagi kader-kadernya untuk maju sebagai calon ketua umum PAN. Kesempatan juga dibuka Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.

"Pak Amien Rais juga membuka ruang untuk munculnya nama-nama yang akan nanti bersaing di kongres," kata Bima di Hotel Millennium, Tanah Abang, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

"Kita nikmati alam demokrasi di PAN ini dan Pak Amien juga menyampaikan pesan-pesan yang baik. Saya kira regenerasi penyegaran itu kita sambut di sini," tuturnya.

Bima mengatakan, pemilihan ketua umum PAN bisa saja terjadi secara aklamasi.

Namun, kata dia, melihat semarak pada kader yang akan maju sebagai caketum PAN, kecil kemungkinan pemilihan ketua umum dilakukan secara aklamasi.

"Jadi saya kira, saya melihat kecil kemungkinan aklamasi. Nanti saatnya kelihatannya ada proses demokrasi yang cukup menarik dan dinamis di tubuh partai ini di awal tahun depan di kongres," ujar Wali Kota Bogor ini.

Bima memastikan bahwa Kongres PAN terkait pemilihan ketua umum akan berjalan dinamis, demokratis dan jauh dari intervensi dan tekanan.

"Saya kira tidak ada tekanan. Jadi begini ya kalau bilang ada tekanan ada intervensi dan sebagainya, saya kira enggak. Sejarah mencatat kongres PAN ini tidak ada intervensi dari luar," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Totok Daryanto menyatakan, sejauh ini baru empat kader yang menyatakan diri maju sebagai bakal calon ketua umum PAN yang baru.

Mereka adalah mantan Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap, Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Drajad Wibowo, mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur, dan petahana Zulkifli Hasan.

"Selama ini baru muncul empat itu," kata Totok di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (5/12/2019).

Selain keempat orang itu, ia mengatakan, sebenarnya ada dua nama lain yang disebut-sebut bakal turut mencalonkan diri.

Mereka adalah Wali Kota Bogor Bima Arya dan anak pendiri PAN Amien Rais, yakni Hanafi Rais. Namun, keduanya belum resmi mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum.

https://nasional.kompas.com/read/2019/12/07/14420041/waketum-pan-sebut-amien-rais-buka-ruang-untuk-kader-maju-jadi-caketum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke