Salin Artikel

Jokowi: APBN 2020 Harus Mampu Berikan Stimulus Peningkatan Ekspor dan Investasi

Hal itu diungkapkan Presiden ketika memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden membahas pagu indikatif tahun 2020, Senin (21/4/2019).

"APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor, investasi, serta menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas yang rata sekaligus berkeadilan," ujar Presiden Jokowi.

"Kuncinya, peningkatan daya tahan serta daya saing di ekonomi kita," lanjut dia.

Jokowi mengingatkan, tantangan Indonesia pada 2020 tidaklah mudah. Perekonomian global masih belum menentu dan dinamis. Oleh sebab itu, dibutuhkan kekokohan ekonomi agar selalu siap menghadapi persoalan.

Presiden sekaligus meminta kementerian/lembaga meneruskan kerja-kerja teknokratik dalam penyusunan RAPBN 2020.

"Rencana anggaran untuk 2020 harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan, yang juga paling utama harus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya," lanjut Jokowi.

Sementara itu, terkait rancangan pagu indikatif 2020 itu sendiri, Presiden menekankan supaya tetap sejalan dengan apa yang telah dikerjakan tahun-tahun sebelumnya.

"Perlu saya ingatkan untuk kesinambungan pembangunan kita harus fokus pada penguatan SDM dan perlindungan sosial, menyambung apa yang kita mulai 2019," ujar Jokowi.

https://nasional.kompas.com/read/2019/04/22/12590461/jokowi-apbn-2020-harus-mampu-berikan-stimulus-peningkatan-ekspor-dan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke