Salin Artikel

Keluarga Terduga Teroris yang Ditangkap di Klaten Tak Terpapar Radikalisme

Hal itu yang membuat YS tega meninggalkan suami serta anaknya untuk bergabung dengan kelompok teroris jaringan Sibolga.

"Enggak (terpapar), makanya karena suami dan anaknya tidak mengikuti apa yang dikehendaki, (YS) meninggalkan suaminya," kata Dedi di Gedung Humas Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019).

Setelah meninggalkan keluarganya, YS pun disebutkan akan menikah dengan terduga teroris Husain alias Abu Hamzah (AH), seorang tokoh penting di jaringan Sibolga.

YS juga berencana menjual rumah dan tanahnya yang akan digunakan sebagai modal untuk melakukan penyerangan terhadap aparat keamanan.

YS bahkan sudah mendapatkan down payment sebesar Rp 5 juta. Sebagiannya diberikan kepada P, terduga teroris jaringan Sibolga yang ditangkap di Lampung, sebagai uang transportasi.

Namun, rencana tersebut gagal karena P ditangkap terlebih dahulu di Lampung, Sabtu (9/3/2019). Kemudian, aparat menangkap AH di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (13/3/2019).

"AH kebetulan ketangkap, padahal dia (YS) mau nyusul dengan menggadaikan rumah dan tanahnya. Sudah dapat DP Rp 5 juta, dibawa ke Lampung, ketemu P, kasih P Rp 3 juta, kirim ke sono untuk beli alat-alat, beli bahan peledak," ungkapnya.

Diketahui, YS alias Khodijah ditangkap aparat di Klaten, Jawa Tengah pada Kamis (14/3/2019) sore.

Namun, YS tewas karena diduga bunuh diri dengan cara menenggak zat kimia keras. Aparat menemukan YS dalam kondisi sakit pada Senin (18/3/2019). Saat itu ia sedang diperiksa di rutan Polda Metro Jaya, Jakarta.

Setelah pertolongan pertama tidak membuahkan hasil, aparat melarikan YS ke rumah sakit. Akan tetapi, nyawa YS tidak tertolong.

Para terduga teroris ini diduga tergabung dalam satu jaringan teroris Jamaah Ansharut Daullah (JAD) yang berafiliasi dengan ISIS.

https://nasional.kompas.com/read/2019/03/21/16173431/keluarga-terduga-teroris-yang-ditangkap-di-klaten-tak-terpapar-radikalisme

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke