Salin Artikel

Tim Jokowi Yakin Tol Trans Jawa Akan Gairahkan Perekonomian

“Selesainya jalan tol ini akan multiplier effect terhadap perekonomian, terutama untuk kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus. Sebab, integrasi antara jalan tol dengan kawasan-kawasan tersebut sangat penting,” kata Misbakhun dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/12/2018).

Menurut Misbakhun, capaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang infrastruktur merupakan fakta yang tak bisa disangkal. Ia menuturkan, tol Trans Jawa yang direncanakan pada era Presiden Soeharto sempat tertunda realisasinya gara-gara krisis moneter 1998.

“Pada 1998, Indonesia didera krisis moneter yang memporakporandakan berbagai aspek ekonomi di tanah air. Proyek jalan tol ini menjadi salah satu yang terkena imbasnya hingga akhirnya mangkrak,” kata mantan PNS di Direktorat Jenderal Pajak ini.

Namun, kata Misbakhun, Presiden Jokowi langsung menunjukkan keseriusannya menuntaskan Tol Trans Jawa yang sudah lama tertunda. 

Anggota DPR dari daerah pemilihan Pasuruan - Probolinggo ini meyakini, tersambungnya Tol Trans Jawa membuat roda perekonomian akan berjalan. Kawasan industri yang dilalui jalan tol akan tumbuh semakin besar.

"Sehingga bakal menciptakan lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Misbakhun menambahkan, adanya tol juga akan memangkas biaya logistik. Ongkos pengiriman barang menjadi lebih murah, lebih cepat dan masyarakat memiliki alternatif.

“Negara-negara maju yang ekonominya baik juga karena infrastrukturnya baik,” tegasnya.

Tak hanya itu, politisi Partai Golkar ini juga berharap kehadiran tol Trans Jawa bisa meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Menurut dia, pulau Jawa memiliki sangat banyak destinasi wisata, termasuk di dapilnya di Pasuruan dan Probolinggo.

"Di antaranya adalah Gunung Bromo, Bhakti Alam Nongkojajar, Taman Safari Prigen, Tretes dan destinasi wisata lainnya," kata Misbakhun.

Resmikan 4 ruas tol

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi meresmikan empat ruas jalan tol yang berada di kawasan Jawa Timur, Kamis (20/12/2018).

Adapun keempat ruas tol yang diresmikan Jokowi, yakni Ngawi - Kertosono (segmen wilangan - kertosono sepanjang 37,9 km), Jombang - Mojokerto (Seksi Bandar - Kertosono 0,9 km), relokasi Jalan Tol Porong - Gempol 6,3 km, Jalan Tol Gempol - Pasuruan (Seksi Pasuruan - Grati 13,65 km).

Peresmian keempat ruas jalan tol itu membuat Jalan Tol Trans Jawa tersambung dari Jakarta ke Surabaya.

https://nasional.kompas.com/read/2018/12/22/08265791/tim-jokowi-yakin-tol-trans-jawa-akan-gairahkan-perekonomian

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke