Salin Artikel

Tim Jokowi Temukan Dugaan Keterlibatan Anak dalam Aksi Politik

"Dalam catatan kami, ada beberapa bentuk eksploitasi terhadap anak," ujar Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Maruf Irfan Pulungan, di Posko Cemara, Jumat (9/11/2018).

Irfan memberi contoh dugaan mobilisasi anak sekolah berseragam Pramuka yang meneriakan yel "2019 ganti presiden". Kemudian, Irfan juga memperlihatkan video berbalas pantun yang dilakukan anak-anak di media sosial.

Menurut Irfan, pantun yang mereka bacakan bermaksud untuk menyinggung Presiden RI Joko Widodo. Irfan pun memperdengarkan video pantun sekumpulan anak itu.

"Pagi-pagi minum jamu. Jamunya rasa semangka. Bagaimana negara mau maju. Kalau Al Fatihah diganti Al Fatekah," bunyi salah satu bait pantun itu.

Selain itu, Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf juga menyoroti adanya orasi yang dilakukan anak-anak dalam aksi demo 211. Irfan juga memutarkan video orasi tersebut. Tampak seorang anak kecil berdiri di atas mobil komando dan berorasi di depan massa aksi.

Orasi itu juga diakhiri dengan pantun. Irfan mengatakan pantun tersebut bermuatan kampanye karena mengajak memilih pasangan calon tertentu.

"Jalan jalan ke Kelapa Dua. Jangan lupa mampir ke toko sepatu. Eh lu lu pada jangan lupa pilih nomor 02. Lupain yang nomor 01," isi orasi dalam video itu.

Terakhir, Irfan menunjukan sebuah gambar remaja laki-laki memegang foto Presiden RI Joko Widodo yang wajah sudah dicoret-coret. Anak tersebut memegang benda tajam di tangan kanannya dan diarahkan ke leher Jokowi dalam foto itu. Mata anak tersebut tampak melotot.

"Foto atau gambar ini memberikan kesan negatif atau memberikan pengaruh negatif karena termasuk melecehkan simbol negara," kata Irfan.

Diduga mobilisasi

Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf pun menilai ada pihak yang memobilisasi anak-anak itu. Irfan mengatakan anak-anak itu tidak mungkin secara spontan melakukan hal-hal tersebut

"Ini tidak mungkin spontan. Ini pasti dimobilisasi," kata dia.

Irfan mengatakan hal semacam ini tidak boleh dilakukan karena memberi pengaruh negatif kepada anak. Dia meminta masyarakat untuk tidak melibatkan anak-anak dalam aktivitas yang berbau politik.

TKN Jokowi-Ma'ruf akan menindaklanjuti temuan ink dengan membuat laporan ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia dan Bawaslu.

https://nasional.kompas.com/read/2018/11/09/15054431/tim-jokowi-temukan-dugaan-keterlibatan-anak-dalam-aksi-politik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke