Salin Artikel

Indonesia dan Australia Perkuat Kerja Sama Keamanan Siber

Kesepakatan ini diambil Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat keduanya melakukan pertemuan bilateral di Istana Bogor, Jumat (31/8/2018).

"Kami sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya bidang cyber security (keamanan siber)," kata Presiden Jokowi saat pernyataan pers bersama Scott Morrison.

Selain itu, Indonesia-Australia juga sepakat menekankan pentingnya penghormatan hukum internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan masing-masing negara.

"Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia, termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep indopasifik," ujar Jokowi

Di bidang ekonomi, Indonesia dan Australia juga sepakat untuk menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan.

"Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan Substantive Indonesia-Australia Comprehensive Partnership," ucap Jokowi.

Dalam pertemuan bilateral ini, Jokowi dan Morrison didampingi sejumlah menteri.

Dari Indonesia, hadir Menteri Koordinator bidang Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita.

Selain itu, hadir juga Kepala Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

https://nasional.kompas.com/read/2018/08/31/17185131/indonesia-dan-australia-perkuat-kerja-sama-keamanan-siber

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke