Salin Artikel

Golkar Siapkan Pengganti Agus Gumiwang di Tim Kampanye Jokowi-Ma'ruf

Penggantian tersebut dimaksudkan agar Agus fokus pada tugas barunya sebagai Menteri Sosial. Namun, Airlangga belum bisa mengungkapkan siapa figur yang akan menggantikan Agus sebagai bendahara.

"Tentu dalam posisi tim pemenangan ada penggantinya, tentu tidak bisa kami sampaikan hari ini, karena harus berkoordinasi dengan tim secara keseluruhan," ujar Airlangga saat memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Golkar, Jumat (24/8/2018).

Agus Gumiwang dilantik sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham. Idrus menyatakan mundur terkait kasus dugaan korupsi yang tengah diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ia mengaku menerima surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) KPK pada Kamis (23/8/2018) kemarin.

Sebelumnya Idrus sudah beberapa kali diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus kesepakatan kontrak kerja sama pembangunan PLTU Riau-1 di Provinsi Riau.

Selain itu, lanjut Airlangga, Partai Golkar juga akan menyiapkan pengganti Agus sebagai Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR.

Figur pengganti Agus akan dibahas dalam rapat pleno Partai Golkar pada Senin (27/8/2018). Mendatang.

Meski salah satu kadernya terjerat kasus korupsi, Airlangga menegaskan bahwa Partai Golkar tetap solid dalam memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.

"Golkar juga komitmen mendukung Jokowi, agar terpilih kembali. Dan posisi Golkar solid untuk mendukung Pak Presiden karena sudah keputusan Munaslub dan Rapimnas," kata Airlangga.

Secara terpisah, Sekretaris tim kampanye pasangan bakal capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menyatakan, Agus Gumiwang Kartasasmita tetap berada di tim sebagai bendahara.

Namun, Hasto mengatakan, Agus akan lebih fokus pada tugasnya sebagai Menteri Sosial ketimbang bendahara tim kampanye Jokowi-Ma'ruf.

"Ya istilahnya tidak mundur, istilahnya berkonsentrasi pada tugas utama. Karena bendaharanya kan sudah ada. Bendaharanya ada (juga) Bapak Wahyu Sakti Trenggono," kata Hasto di media center tim kampanye Jokowi-Ma'ruf, Menteng, Jakarta, Jumat (24/8/2018).

https://nasional.kompas.com/read/2018/08/24/19393351/golkar-siapkan-pengganti-agus-gumiwang-di-tim-kampanye-jokowi-maruf

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke