Salin Artikel

Politisi Nasdem Jelaskan soal Kehadiran Riza Chalid di Kuliah Umum Jokowi

Kini, Riza Chalid tampak menghadiri acara kuliah umum Presiden Joko Widodo yang digelar oleh Akademi Bela Negara Partai Nasdem di Jakarta kemarin, Senin (16/7/2018).

Awalnya, kehadiran Riza memang tidak terpantau oleh media yang hadir di lokasi. Namun belakangan, di media sosial tersebar foto-foto Riza Chalid yang tengah hadir di acara tersebut.

Ketua DPP Partai Nasdem Taufik Basari membenarkan bahwa pria dengan kumis tebal yang fotonya viral di medsos itu adalah Riza Chalid.

Menurut dia, Riza hadir sebagai tamu yang diundang langsung oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

"Iya, beliau undangan. Kan yang hadir undangan dari berbagai kalangan," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (18/7/2018).

Taufik mengatakan, acara ABN Nasdem tersebut digelar bertepatan dengan ulang tahun ke-67 Surya Paloh. Oleh karena itu, Paloh turut mengundang rekan-rekannya sesama pengusaha untuk hadir.

"Pak Riza Chalid datang sama seperti undangan lainnya. Ada banyak pengusaha juga yang jadi kawan Pak Surya juga hadir," kata dia.

Kasus "Papa Minta Saham"

Pada akhir 2015 lalu, Kejaksaan Agung sempat berupaya memanggil Riza Chalid untuk diperiksa terkait terkait rekaman kasus "Papa minta saham'.

Dalam rekaman itu Riza bersama Setya Novanto (saat itu ketua DPR), diduga berupaya meminta saham Freeport kepada Maroef Sjamsoeddin (saat itu Presiden Direktur PT Freeport Indonesia).

Bahkan keduanya diduga mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla saat meminta saham tersebut. Kejagung mencium ada upaya pemufakatan jahat dalam kasus ini.

Namun, Riza Chalid tidak pernah memenuhi panggilan Kejagung. Bahkan, Kejagung tidak mengetahui dimana keberadaan Riza saat itu.

"Namanya cari orang itu tidak mudah. Mungkin mukanya sudah diubah, hidungnya sudah ditambah," ujar Jaksa Agung yang juga mantan politisi Nasdem, HM Prasetyo pada Desember 2015 lalu.

Akhirnya, karena keberadaan Riza Chalid yang tak kunjung diketahui, Kejagung mengendapkan kasus ini.

https://nasional.kompas.com/read/2018/07/18/20390231/politisi-nasdem-jelaskan-soal-kehadiran-riza-chalid-di-kuliah-umum-jokowi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke