Salin Artikel

Atas Perintah Jokowi, Kementerian PUPR Renovasi Rumah Zohri dan Bangun yang Baru

Kementeriannya juga akan merenovasi rumah keluarga Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Termasuk akan membangun rumah baru untuk Zohri.

"Kami sudah mulai mendesain renovasi rumah yang ada. Pihak keluarga Zohri tidak ingin dibangun baru, karena rumah tersebut memiliki banyak memori. Untuk renovasi rumah lama dan konstruksi rumah baru tidak lama, tidak sampai 6 bulan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimulyono sebagaimana dikutip dari siaran pers resmi, Sabtu (14/7/2018).

Renovasi rumah Zohri itu merupakan perintah Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR. Menteri Basuki pun segera menindaklanjutinya dengan menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga untuk mengunjungi rumah Zohri.

Kepala Balitbang Danis H. Sumadilaga Jumat (13/7/2018) siang telah tiba dan bertemu dengan Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar, keluarga Zohri yang diwakili dua orang kakak Zohri, unsur dari Kepolisian dan TNI setempat, Kepala Dinas, dan Kepala Desa Pemenang Barat.

Danis mengatakan, dari hasil musyawarah bersama, renovasi rumah untuk keluarga Zohri akan dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri.

Sementara, untuk pembangunan rumah baru Zohri, pengadaan tanahnya akan disiapkan oleh Pemkab Lombok Utara.

Adapun, untuk pengerjaan pembangunannya akan dilakukan bersama-sama Kementerian PUPR.

Renovasi rumah segera dilakukan begitu tanahnya tersedia.

"Segera kami lakukan. Saya berharap bisa kita lakukan mulai minggu depan bila tanahnya sudah siap. Kami siapkan rumah baru Zohri dengan tipe yang akan kita sesuaikan dengan kondisi dan luas tapak yang disiapkan oleh Pemkab Lombok Utara. Rumah baru ini sedang disiapkan desainnya oleh Tim Balitbang PUPR dengan arsitektur yang tetap memperhatikan kearifan lokal," kata Danis.

Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar mengatakan, tanah yang akan disiapkan Pemda sekitar 500 meter persegi.

"Kami sudah melihat tanahnya, posisinya cukup bagus yang berlokasi masih disekitar sini," kata Najmul Ahyar.

Mengenai banyak pihak yang juga ingin berkontribusi dalam perbaikan rumah dan bantuan lainnya, Danis mengatakan, sesuai dengan hasil musyawarah, akan dikoordinasikan oleh Pemerintah Kabupaten.

https://nasional.kompas.com/read/2018/07/14/15224821/atas-perintah-jokowi-kementerian-pupr-renovasi-rumah-zohri-dan-bangun-yang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke