Salin Artikel

Geram Pencurian Ikan, Mendagri Sebut Pencuri Ikan Harus Kita "Sikat"

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pun sama geramnya seperti Susi. Tak tanggung-tanggung, Tjahjo ingin para pencuri ikan tersebut diberi tindakan tegas.

"Kalau pencuri ikan itu harus kita sikat, apapun," tegas Tjahjo usai hadir dalam peringatan hari Nusantara 2017 yang digelar di Dermaga Muara Jati, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/12/2017).

Karenanya, menurut Tjahjo, TNI Angkatan Laut (AL) punya tugas untuk menjaga perairan atau wilayah maritim Indonesia dari para kapal asing ayang akan menjarah kekayaan laut dalam negeri tercinta.

"Kapal asing yang mencuri ikan tugasnya TNI AL mengusir mereka. Jadi bukan seberapa banyak kapal yang ditenggelamkan, tapi komitmen Indonesia menjaga kelautan dengan segala isinya," ungkap Tjahjo.

"Termasuk tugas TNI AL, tapi tugas AL bukan untuk menenggelamkan (kapal) tapi menjaga kedaulatan, mengusir kapal asing yang masuk ke laut kita," tambahnya.

Tjahjo sebelumnya juga menegaskan komitmen pemerintah untuk menyejahterakan nasib para nelayan yang di seluruh penjuru tanah air.

"Itu tanggung jawab kita bersama, gubernur, bupati, wali kota, bagaimana meningkatkan kesejahteraan para nelayan itu bagian dari program strategis pusat dan daerah," tegas Tjahjo.

Ia pun menyingung pentingnya keterlibatan TNI AL dalam menjaga kedaulatan kemaritiman Indonesia, serta membantu nelayan jika mengalami masalah di wilayah perairan. 

https://nasional.kompas.com/read/2017/12/13/14143601/geram-pencurian-ikan-mendagri-sebut-pencuri-ikan-harus-kita-sikat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke