Salin Artikel

Investasi di Mandalika Tembus Rp 13 Triliun, Jokowi Sebut 58.000 Tenaga Kerja Terserap

Dengan demikian, masyarakat setempat juga mempunyai peluang besar untuk meningkatkan kesejahteraan mereka melalui sektor pariwisata.

Jokowi menyebutkan, saat ini ada delapan investor yang tertarik membangun hotel atau resort di kawasan tersebut. Total nilai investasi mereka mencapai Rp 13 triliun.

"Kami harap bisa tiga kali lipat ke depannya sehingga kawasan ini benar-benar berkembang dan masyarakat setempat tentunya mendapatkan manfaatnya," ujar Jokowi saat meresmikan KEK Mandalika, Jumat (20/10/2017).

Baca: Instruksi Jokowi soal KEK Mandalika, dari Penghijauan hingga Urusan Kamar Mandi

Delapan investor itu baru tahap awal.

Menurut Jokowi, banyak investor yang tertarik menginvestasikan uangnya di kawasan Mandalika. Salah satunya adalah Qatar.

Masyarakat setempat dapat turut membuka usaha di kawasan itu, mulai dari berjualan cinderamata, membuka rumah makan, warung kelontong hingga homestay, dan hotel.

Presiden Jokowi mendapatkan informasi, sektor pariwisata Mandalika mampu menyerap tenaga kerja sebanyak 58.000 orang.

"Kita hitung-hitung, bisa ada rekrutmen karyawan sampai 58.000 orang di sini," ujar Jokowi.

Presiden meminta pengelola KEK Mandalika, PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk mengakomodasi masyarakat yang ingin membuka usaha dengan cara menyiapkan lahan sekaligus penataan kawasan.

https://nasional.kompas.com/read/2017/10/20/14581051/investasi-di-mandalika-tembus-rp-13-triliun-jokowi-sebut-58000-tenaga-kerja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke