Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Bisa Usung Calonnya Sendiri di Pilkada DKI, PDI-P Pilih Berkoalisi

Kompas.com - 18/03/2016, 10:03 WIB
Kontributor Amerika Serikat, Andri Donnal Putera

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — PDI Perjuangan yang memiliki kursi paling banyak di DPRD DKI Jakarta menyatakan masih ingin membangun komunikasi politik dengan parpol lain untuk mengusung siapa calon yang tepat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPD PDI-P DKI Jakarta Gembong Warsono saat dihubungi Kompas.com, Jumat (18/3/2016) pagi.

"Prinsip dasarnya, komunikasi politik sedang berjalan. Kami menyamakan persepsi tentang siapa yang akan diusung di Jakarta. Walaupun PDI-P bisa mencalonkan sendiri, kami tidak jemawa," kata Gembong.

Dia juga mengungkapkan, beberapa hari ke depan, PDI-P masih akan membangun komunikasi politik dengan beberapa partai lain di luar koalisi lima partai yang sebelumnya disebutkan. Lima partai yang berkoalisi untuk Pilkada DKI Jakarta adalah PDI-P, PKS, PPP, Gerindra, dan Golkar.

"Hari-hari mendatang, PDI-P membangun komunikasi politik dengan beberapa partai, menyamakan visi-misi untuk membangun Jakarta," tutur Gembong.

PDI-P memiliki 28 kursi di Jakarta dan menjadi satu-satunya partai yang bisa langsung mengusung calonnya maju dalam Pilkada DKI Jakarta, sedangkan partai lain yang jumlah kursinya tidak memenuhi syarat 21 kursi di DPRD perlu berkoalisi dengan partai lainnya.

Koalisi lima partai di atas dapat menjadi sebuah kekuatan besar yang harus dihadapi oleh calon independen Basuki Tjahaja Purnama. Namun, di satu sisi, Basuki juga sudah didukung oleh Partai Nasdem dan Hanura.

Menurut Gembong, mereka masih membuka peluang menggandeng Nasdem dan Hanura dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Proses komunikasi politik juga dijalankan terhadap dua partai tersebut.

"Keputusan (mengusung siapa) belum diambil, proses masih berjalan. Segala kemungkinan masih terbuka," ujar Gembong. (Baca: Punya Kursi Terbanyak di DPRD, PDI-P Tidak "Grasak-grusuk" Tentukan Cagub)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com