Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon-calon Gubernur yang Didukung PAN Unggul di 6 Provinsi

Kompas.com - 10/12/2015, 14:09 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak enam pasang calon gubernur dan wakil gubernur yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN) berhasil unggul sementara di daerah pemilihan masing-masing.

Hasil tersebut diperoleh melalui mekanisme hitung cepat (quick count) yang dilakukan pada Kamis (10/12/2015) pukul 08.00.

"Kader PAN berhasil menunjukkan integritas, wawasan kebangsaan, dan kerja keras," ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis siang.

Enam provinsi tersebut masing-masing adalah Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.  

Salah satunya kader PAN yang unggul di Provinsi Jambi, yakni pemain sinetron Zumi Zola.

Dalam hasil hitung cepat Lembaga Survei Indonesia (LSI) untuk Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jambi, Zumi dan pasangannya, Fachrori Umar, memperoleh suara sebesar 59,48 persen.

Selain PAN, Zumi diusung juga oleh Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Bulan Bintang.

Secara keseluruhan, dari 254 daerah yang diikuti oleh PAN, sebanyak 140 pasang yang didukung PAN unggul dalam perhitungan sementara.

Sebanyak 6 pasang calon untuk provinsi, dan 134 pasang calon untuk posisi bupati dan wali kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com