Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenag Gelar Sidang Itsbat Tetapkan 1 Dzulhijjah 1436 Hijriah

Kompas.com - 13/09/2015, 10:54 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama akan menggelar sidang itsbat untuk menetapkan 1 Dzulhijjah 1436 Hijriah atau Hari Raya Idul Adha, Minggu (13/9/2015) petang.

Sidang yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat itu akan dipimpin oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Machasin dan Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam.

Humas Kementerian Agama Rosyidin mengatakan, sidang akan dibuka dengan pemaparan mengenai posisi hilal pada pukul 17.00 WIB. "Paparan posisi hilal dan konsolidasi pemantauan hilal dari tim Hisab Rukyat Kementerian Agama," ujar Rosyidin saat dihubungi, Minggu siang.

Setelah itu, sidang itsbat akan digelar usai shalat maghrib, sekitar pukul 18.30 WIB. Sedianya sidang dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, namun ia sedang pergi ke Arab Saudi terkait musibah di Masjidil Haram.

Sidang itsbat akan dilakukan tertutup. "Sidang itsbat dihadiri dari tokoh agama Islam, pimpinan ormas Islam dan beberapa utusan Kedutaan Besar Negara terkait," kata Rosyidin.

Setelah itu, Dirjen Bimas Islam dan Sekjen Kemenag akan memaparkan hasil sidang itsbat. Berdasarkan sidang tersebut akan diketahui kapan masyarakat Indonesia akan melaksanakan Hari Raya Idul Adha tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com