Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPATK Dituding Citrakan Fathanah "Playboy"

Kompas.com - 27/05/2013, 17:18 WIB
Icha Rastika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pihak tersangka kasus dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi, Ahmad Fathanah, mempertanyakan pernyataan Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf bahwa ada sekitar 40 perempuan penerima dana Fathanah. Pengacara Fathanah, Ahmad Rozi, meminta PPATK membuka data tersebut.

"Saya jadi berpikir, apa maksudnya PPATK menyebarkan data itu, sekian wanita menerima? Pencitraan apa yang diinginkan PPATK? Apakah mau mencitrakan Fathanah ini playboy? PPATK transparan sajalah," kata Rozi di Gedung KPK, Jakarta, Senin (27/5/2013).

Rozi meminta PPATK membuka apakah benar hanya perempuan yang menerima aliran dana Fathanah ataukah ada pihak lain. Menurut Rozi, kliennya akan menjelaskan konteks pemberian uang kepada perempuan-perempuan itu dalam persidangan nantinya. "Dia (Fathanah) cuma sampaikan konteksnya. Mungkin dia akan jelaskan di pengadilan konteksnya saat dia diperiksa nanti. Insya Allah akan dia ungkapkan. Saya juga sampaikan itu mungkin sudah materi penyidikan," ujar Rozi.

Sebelumnya, PPATK melansir aliran dana Fathanah ke 20 perempuan. PPATK juga menemukan aliran dana Fathanah ke mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Belakangan, Kepala PPATK M Yusuf mengungkapkan data baru. Menurut Yusuf, ada sekitar 40 perempuan yang diduga menerima aliran dana Fathanah. Namun, Yusuf tidak menyebut kurun waktu data yang dihimpunnya tersebut. Terkait aliran dana ini, KPK mengaku telah mendapatkan datanya dari PPATK.

Juru Bicara KPK Johan Budi sebelumnya mengungkapkan, KPK bukan hanya menerima data dari PPATK terkait aliran dana Fathanah, melainkan juga data Luthfi. Data-data dari PPATK ini, menurut Johan, berguna bagi KPK dalam mengembangkan kasus dugaan korupsi dan pencucian uang kuota impor daging sapi yang menjerat Farhanah dan Luthfi.

Terkait penyidikan perkara Fathanah, KPK telah menyita sejumlah uang dan barang yang dikembalikan perempuan-perempuan teman Fathanah. Mereka yang mengembalikan uang dan barang itu antara lain model Vitalia Shesya, penyanyi dangdut Tri Kurnia Rahayu, dan Ayu Azhari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com