Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY: Ini Dia 5 Rahasia Kemenangan Demokrat

Kompas.com - 26/04/2009, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kemenangan Partai Demokrat pada Pemilu Legislatif 2009 tidak jatuh dari langit secara tiba-tiba. Sebaliknya, kemenangan tersebut dipengaruhi lima faktor.

Pertama, kemenangan tersebut atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, perencanaan dan persiapan yang baik. Sejak tahun 2005, Partai Demokrat telah membekali kader-kadernya dengan sejumlah pelatihan. "Perencanaan dan persiapan yang baik adalah 50 persen kemenangan," ujar SBY ketika membuka Rapat Pimpinan Nasional Partai Demokrat ke-2 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Minggu (26/4).

Selanjutnya, yang ketiga adalah kerja keras dalam menyelenggarakan kampanye pileg yang tertib dan mampu memberikan pendidikan politik dan demokrasi yang baik. Keempat, kekompakan dan kebersamaan kader-kader PD seluruh Indonesia. "Ini sungguh saya banggakan karena ini modal kita," ujarnya.

Sementara itu, faktor yang kelima adalah keberhasilan program-program prorakyat yang berhasil dijalankan oleh pemerintahan SBY. SBY mengajak seluruh kader-kader, yang terdiri dari petinggi DPD dari 33 provinsi, 471 DPC, dan 7 dewan pimpinan luar negeri, untuk mensyukuri kemenangan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com