Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 24 April 2024 Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 22/04/2024, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 24 April 2024 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Angkutan Nasional.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 24 April 2024.

Hari Angkutan Nasional

Setiap tanggal 24 April diperingati sebagai Hari Angkutan Nasional. Hari Angkutan Nasional ini dipelopori oleh hadirnya DAMRI di Indonesia.

DAMRI hadir pertama kali pada tahun 1943 dimana ada angkutan menggunakan kerbau yang dinamakan Jawa Unyu Zigyosha untuk melayani angkutan barang dan Zidosha Sokyoku untuk melayani angkutan penumpang. Masa ini ada di zaman penjajahan Jepang.

Saat Indonesia sudah merdeka, Jawa Unyu Zigyosha dan Zidosha Sokyoku berubah nama menjadi “Djawatan Pengangkoetan” dan “Djawatan Angkutan Darat”.

Lalu pada 1946 kedua Djawatan tersebut digabung menjadi “Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia” disingkat DAMRI berdasarkan Makloemat Menteri Perhoeboengan RI No.01/DAM/46, dengan tugas utama menyelenggarakan pengangkutan darat dengan bus, truk, dan angkutan bermotor lainnya.

Saat ini angkutan nasional sudah berubah menjadi transportasi umum yang lebih beragam dan canggih. Adanya Hari Angkutan Nasional diharapkan bisa memberi kesadaran masyarakat untuk lebih memilih transportasi umum dibanding kendaraan pribadi.

Baca juga: Menlu Retno: Multilateralisme Jalan Terbaik Atasi Tantangan Global

Hari Multilateralisme dan Diplomasi Internasional untuk Perdamaian Dunia

Meskipun saat ini mayoritas dunia mengalami perdamaian namun sebenarnya masih banyak terjadi perpecahan di beberapa negara.

Persoalan multilateralisme dan diplomasi kemudian menjadi topik yang penting dibicarakan saat ini. Setiap negara memiliki kebutuhan untuk menanamkan perdamaian.

Multilateralisme adalah konsep persatuan atau aliansi beberapa negara untuk mencapai tujuan bersama. Salah satu sarana multilateralisme dan diplomasi yakni melalui PBB dan organisasi dunia lainnya seperti Organisasi Kesehatan Dunia, Bank Dunia, Organisasi Perdagangan Dunia, dan bahkan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

PBB menetapkan Hari Multilateralisme dan Diplomasi Internasional untuk Perdamaian pada tahun 2018 melalui resolusi A/RES/73/127 untuk melestarikan nilai-nilai multilateralisme dan kerja sama internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com