Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Ajak Ulama Tebar Pesan Damai Jelang Pencoblosan

Kompas.com - 06/02/2024, 08:28 WIB
Ardito Ramadhan,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

BALIKPAPAN, KOMPAS.com- Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengajak para ulama dan tokoh agama untuk menyebarkan pesan perdamaian menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang tinggal hitungan hari.

Hal ini disampaikan Ganjar saat berkunjung ke Pondok Pesantren Zawiyah Tarekat Al-Tijaniyah, Kabupaten Garut, Senin (5/2/2024) malam.

"Banyak peran tokoh agama yang berkontribusi untuk adanya kerukunan antar umat, antar sesama anak bangsa. Menjelang pemilu kita sangat penting sekali menjaga persatuan dan kerukunan. Biarkan semuanya mengikuti kontestasi dengan baik," kata Ganjar, Senin, dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Ganjar Kampanye di Balikpapan dan Yogyakarta Hari Ini

Menurut Ganjar, ulama dan tokoh agama punya peran sangat penting dalam menjaga kontestasi politik berjalan dengan aman, tertib dan lancar karena mereka punya pesan yang kuat dan menyejukkan tentang persatuan dan kerukunan.

Politikus PDI-P itu juga meminta seluruh pihak untuk turut mengutamakan persatuan bangsa Indonesia di tengah hiruk-pikuk politik agar tidak terjadi perpecahan antar masyarakat yang menimbulkan kebencian.

Ia mengingatkan, pemilu adalah kontestasi politik hanya lima tahunan yang seharusnya menjadi momen untuk saling merangkul dan menyatukan perbedaan yang ada.

"Setelah selesai pemilu, kita semua akan bisa merangkul. Makanya jangan sampai ada pembelahan-pembelahan. Peran tokoh agama menjadi penting untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat," kata Ganjar.

Baca juga: Prabowo Minta Maaf ke Anies dan Ganjar, Hasto: Yang Ditunggu ke Korban Pelanggaran HAM

Seperti diketahui, Pemilu 2024 tinggal menghitung hari karena hari pemungutan suara akan jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024, pekan depan.

Para capres-cawapres pun sudah menyelesaikan seluruh rangkaian debat yang digelar sebanyak lima kali oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com