Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PAN Dukung Siapa?

Kompas.com - 05/02/2024, 03:40 WIB
Tari Oktaviani,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang pemilihan legislatif 14 Februari 2024 nanti, sebagian masyarakat masih kurang mengetahui peta politik partai dan calon presiden yang didukungnya.

Banyak yang masih bertanya, Partai Amanat Nasional (PAN) dukung siapa sebagai capres?

PAN mendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Dukungan ini diperjelas setelah PAN menyatakan dukungannya kepada Prabowo Subianto. 

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan alasan mendukung Prabowo salah satunya karena riwayat kerja sama politik dengan Partai Gerindra sejak pemilihan presiden (Pilpres) 2014.

"Kami sudah sepuluh tahun bareng-bareng Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit kenapa tidak sabar," kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dalam acara pernyataan dukungan dan penandatanganan kerjasama politik di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, 13 Agustus 2023, seperti dalam artikel Kompas.com berjudul "Dukung Prabowo Lagi di Pilpres 2024, PAN Singgung Kesetiaan 10 Tahun".

Baca juga: Ketum PAN Zulhas: Jiwa Raga Prabowo untuk Merah Putih

Dengan demikian pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran didukung oleh Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garda Republik Indonesia (Garuda).

Zulkifli Hasan menyebut bahwa koalisi pendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto menggunakan nama Koalisi Indonesia Maju sebagai tanda untuk melanjutkan pemerintahan Presiden Jokowi.

"Ya memang ini kelanjutan daripada apa yang sudah dilakukan oleh Pak Jokowi," ucap Zulkifli Hasan seusai acara HUT ke-25 PAN di Hotel Sultan, Jakarta, 28 Agustus 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com