Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Elektabilitas Ganjar-Mahfud Melorot, TPN Sebut Jadi Rujukan Siapkan Strategi

Kompas.com - 23/11/2023, 08:29 WIB
Ardito Ramadhan,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud merespons santai sejumlah hasil survei yang mencatat elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD melorot dibandingkan dua pasangan capres-cawapres lainnya.

Ketua TPN Arsjad Rasjid berpandangan, hasil survei itu menjadi bahan bagi TPN untuk menyiapkan strategi terbaik dalam menghadapi skenario terburuk.

"Enggak apa-apa. Kalau bicara malahan yang worst scenario, itu yang terbaik yang harus kita lakukan, jadi itu yang kita siapkan untuk strategi kita untuk kemenangan kita," kata Arsjad di Gedung High End, Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Arsjad mengklaim, TPN memiliki survei internal yang hasilnya berbeda dengan survei-survei yang diluncurkan oleh sejumlah lembaga.

Baca juga: Kumpulkan Bukti soal Tekanan Jelang Pemilu, TPN Ganjar-Mahfud Akan Laporkan ke Bawaslu dan Polisi

Akan tetapi, Arsjad menekankan bahwa hasil survei lembaga lain tetap dijadikan rujukan dalam mematangkan strategi yang akan digunakan untuk memenangkan Ganjar-Mahfud di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Tetap saja bagus buat kita merujuk pada yang sudah ada aja, tapi walaupun secara internal kami melihatnya berbeda. Tapi dari situ itulah bagian daripada yang mana kami akan gunakan jadi strategi kami," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Sandiaga Uno juga mengklaim bahwa hasil survei internal menunjukkan elektabilitas Ganjar-Mahfud mengalami tren positif.

Hal itu disampaikan Sandiaga merespons hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang mencatat elektabilitas Ganjar-Mahfud disalip Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Baca juga: Gerindra Tak Masalah Susi Pudjiastuti Gabung ke Kubu Anies-Muhaimin atau Ganjar-Mahfud

"Kita berpedoman pada survei internal yang memang kami tidak pernah publish, tidak pernah kami umumkan, di mana hasil daripada pemetaan calon pemilih menunjukkan tren yang baik buat Pak Ganjar dan Pak Mahfud," kata Sandiaga di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Sandiaga tidak membeberkan secara detail hasil survei internal tersebut. Tetapi, ia mengatakan, elektabilitas Ganjar-Mahfud bersaing ketat dengan pasangan Prabowo-Gibran untuk merebut posisi teratas.

"Ini kan semuanya masih margin of error dan masih ada sekitar 83 hari lagi, jadi kita akan kerja lebih keras lagi," ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Menurut Sandiaga, elektabilitas Ganjar-Mahfud unggul di survei internal karena mendapat skor baik terkait isu stabilitas harga, lapangan kerja, serta pemerintahan bersih dan bebas korupsi.

Baca juga: TPN Ganjar-Mahfud Mengaku Dapat Cerita dari Hasto, Ada Intelijen Datangi Acara PDI-P di Palu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com