Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Rumah Sakit TNI AL Dicat Putih Sebelum Dikirim ke Palestina, KSAL Ungkap Alasannya

Kompas.com - 20/11/2023, 15:52 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Ihsanuddin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal bantu rumah sakit (KBRS), yakni Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr Radjiman Wedyodiningrat-992, dicat putih sebelum dikirim ke Palestina.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali mengatakan, kapal rumah sakit milik TNI AL itu memang harus dicat putih sebelum dikirim untuk membantu korban perang di Jalur Gaza.

Pengecatan putih itu agar sesuai dengan Konvensi Jenewa maupun aturan San Remo Manual terkait konflik bersenjata di laut.

“Kapal rumah sakit sedang dilaksanakan docking, untuk pengecetan diberikan warna putih karena sesuai aturan Konvensi Jenewa maupun aturan dari San Remo Manual bahwa kapal rumah sakit itu harusnya dicat dengan warna putih. Jadi itu sudah disiapkan,” kata Ali di Markas Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Senin (20/11/2023).

Baca juga: Bantu Korban Perang di Palestina, TNI Akan Kirim Kapal Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992

KSAL menambahkan, pemberangkatan kapal rumah sakit TNI AL menunggu instruksi dari Mesir sebagai negara yang berbatasan langsung dengan Israel.

“Kami belum tahu negaranya, masih menunggu izin dari pemerintah Mesir terutama, karena Mesir dianggap yang terdekat dengan perbatasan Gaza. Mungkin nanti (ditempatkan) di El Arish,” ucap Ali.

“Kalau Mesir sudah membuka izin, maka kapal akan berangkat,” tutur KSAL.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono telah meninjau KRI Radjiman Wedyodiningrat-992 di sela-sela acara penandatanganan nota kesepahaman atau MoU sistem elektronik berkas pidana terpadu atau e-berpadu antara TNI dan Mahkamah Agung (MA), Senin (6/11/2023).

“KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 sebagai salah satu kapal rumah sakit TNI dipersiapkan untuk merawat pengungsi korban perang dan akan bersiaga di perairan sekitar wilayah Gaza, Palestina,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Julius Widjojono dalam siaran pers.

Baca juga: TNI AL Siapkan Satu Kapal Rumah Sakit ke Palestina, Keberangkatan Tunggu Perintah

Adapun KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992, yang diproduksi PT PAL, resmi memperkuat TNI Angkatan Laut (AL) pada 20 Januari 2023.

Saat ini, TNI AL memiliki tiga kapal rumah sakit. Selain KRI dr Radjiman, Indonesia juga memiliki KRI dr Soeharso-990 dan KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com