Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Mahfud ke Jajaran: Tak Boleh Ikut Buat Barisan untuk Dukung atau Tolak Saya

Kompas.com - 20/10/2023, 15:27 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Dani Prabowo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD berpesan kepada jajarannya untuk tetap netral selama penyelenggaraan Pemilu 2024.

Permintaan itu disampaikan Mahfud usai dirinya resmi mendaftar menjadi calon wakil presiden (cawapres), mendampingi Ganjar Pranowo, ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Saya secara resmi sudah didaftarkan menjadi cawapres. Pesan saya, saudara tetap bekerja seperti biasa. Tidak usah ikut-ikut urusan politik. Tidak usah mendukung atau tidak mendukung saya. Itu urusan pribadi saudara dan keluarga saudara di rumah,” kata Mahfud dalam apel di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (20/10/2023), dikutip dari siaran pers.

Baca juga: Misi Ganjar-Mahfud di Bidang Pendidikan: Satu Keluarga Miskin, Satu Sarjana

Ia juga meminta agar fasilitas kantor tidak dimanfaatkan untuk mendukung atau mengalahkan pasangan tertentu. Termasuk, meminta untuk tidak menggalang kekuatan untuk memenangkan capres-cawapres tertentu.

“Tidak boleh ikut-ikutan politik, kampanye, buat barisan, mendukung Menko Polhukam atau menolak Menko Polhukam, itu soal lain. Urusan cawapres itu adalah urusan Mahfud MD, bukan urusan Menko Polhukam,” kata Mahfud.

“Oleh sebab itu, tugas-tugas yang selama ini saudara lakukan sudah dengan baik, itu diteruskan. Harus netral. Ini juga akan saya sampaikan kepada semua aparat dan institusi pemerintah, agar pemilu berjalan netral," ujar Mahfud.

Baca juga: Gembira dan Terharunya Mahfud Jadi Cawapres Ganjar

Adapun Ganjar dan Mahfud resmi mendaftar ke KPU RI sebagai calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung PDI-P, PPP, Perindo, dan Partai Hanura, pada Senin (19/10/2023) siang.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri memercayakan KPU melakukan seluruh verifikasi terhadap dokumen-dokumen pendaftaran Ganjar-Mahfud.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik dengan penyelenggara pemilu. Pada kesempatan ini kami juga mengapresiasi atas berbagai kemajuan yang telah dilakukan KPU, Bawaslu, dan DKPP sehingga proses pendaftaran ini dapat berjalan dengan baik," kata Megawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com