Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Bacawapres Ganjar, Mahfud Akan Ambil Cuti Saat Kampanye

Kompas.com - 18/10/2023, 15:03 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mahfud MD memilih tidak melepaskan jabatannya sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) setelah ditetapkan menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Ini kan daftar dulu, nanti penelitian ini, kesehatan. Soal cuti itu nanti. Itu kan ada aturannya, pada saat kampanye cuti,” kata Mahfud setibanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

Selama tidak kampanye, Mahfud mengatakan, dirinya akan tetap mengemban amanahnya menjadi Menko Polhukam.

“Pada saat tidak kampanye ya masuk kantor,” tutur Mahfud.

Baca juga: Mahfud MD Jadi Cawapres Ganjar, PDI-P Bandung Barat Optimis Peroleh Banyak Suara

Mahfud mengatakan, dirinya akan tetap menjabat Menko Polhukam sampai periodenya habis pada Oktober 2024.

“Iya normatifnya kan begitu. Artinya enggak ada sesuatu yang mengharuskan berhenti karena menjabat,” kata Mahfud.

Diketahui, Mahfud resmi ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden Ganjar Pranowo untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Baca juga: Sekjen PKS Sanjung Mahfud MD, Sebut Cawapres Berkelas

Hal ini diumumkan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI-P Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu pagi.

"Hari ini hari Rabu tanggal 18 Oktober 2023, saya dengan mantap, ini saya telah mengambil keputusan semuanya. Saya tunjukkan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat bangsa dan negara. Karena itulah dengan mengucapkan bismillah hirohmanirrohim maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," ucap Megawati.

Saat menyampaikan pengumuman ini, Megawati didampingi Ketua Umum PPP Mardiono, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, dan sejumlah anggota Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com