Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbangkan Helikopter Panther, KSAL Terima Brevet Kehormatan Penerbang TNI AL

Kompas.com - 13/09/2023, 14:45 WIB
Nirmala Maulana Achmad,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menerima penyematan brevet kehormatan Penerbangan TNI AL oleh Komandan Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) Laksda Imam Musani di Apron Lanudal Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (12/9/2023).

Penyematan brevet diawali dengan berbagai prosedur standar operasi penerbangan yang meliputi cek kesehatan, menerima briefing dari instruktur, dilanjutkan free flight inspection dan start engine.

KSAL Ali kemudian menerbangkan pesawat helikopter jenis AS565 MBe Panther produksi PT Dirgantara Indonesia (DI).

Baca juga: KSAL Sematkan Brevet Hiu Kencana ke 8 Perwira Tinggi dari Atas KRI Alugoro-405

Usai penyematan brevet, Ali mengatakan bahwa tuntutan kekuatan Puspenerbal menjadi first class naval aviation harus dipenuhi.

“Pengembangan kekuatan Puspenerbal secara berkesinambungan menjadi first class naval aviation merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi, sejalan dengan visi pembangunan TNI Angkatan Laut yang modern, menggentarkan dan berproyeksi global,” ujar Ali dalam siaran pers Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal), Rabu (13/9/2023).

Ali menyebutkan, Penerbangan TNI AL merupakan bagian dari fire power dalam peperangan laut yang akan bertempur bersama unsur laut, pasukan pendarat, dan unsur sistem senjata armada terpadu (SSAT) lainnya secara terintegrasi.

Di samping itu, Penerbangan TNI AL juga berperan sebagai attacking force, patrolling force, dan supporting force yang mendukung pencapaian tugas TNI AL secara efektif.

Momen penyematan brevet kehormatan Penerangan TNI AL inibBrevet merupakan suatu kebanggaan bagi Ali karena pengalaman spesial merasakan sensasi menerbangkan dan mengendalikan Helikopter AS565 Panther.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com