Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disambut Sandiaga, PM Vietnam Tiba di Indonesia untuk Ikuti KTT ASEAN

Kompas.com - 04/09/2023, 12:34 WIB
Ardito Ramadhan,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh telah tiba di Indonesia untuk mengikuti rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang akan digelar pada pekan ini.

Dikutip dari siaran pers, pesawat yang membawa Pham Minh Chinh mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (4/9/2023) sekitar pukul 10.35 WIB.

Ketibaan Pham Minh Chinh disambut oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Ta Van Thong.

Ketika turun dari pesawat, dikalungi sebuah selendang bermotif Betawi dan bergambar ondel-ondel lalu menyalami pihak-pihak yang menyambutnya.

Baca juga: KTT Ke-43 ASEAN, TNI Kerahkan Pasukan Koopssus untuk Hadapi Ancaman Sabotase dan Teror

Selain Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Kepulauan Cook Mark Brown dan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao telah lebih dahulu tiba di Indonesia untuk mengikuti rangkaian KTT ke-43 ASEAN.

Untuk diketahui, rangkaian KTT ke-43 ASEAN akan diselenggarakan di Jakarta pada Selasa (5/9/2023) hingga Rabu (7/9/2023).

Rangkaian KTT-43 ASEAN juga akan diisi dengan KTT antara ASEAN dengan sejumlah negara mitra. Rangkaian pertemuan tersebut dalam format plenary dan retreat, KTT ke-26 ASEAN-Tiongkok, KTT ke-24 ASEAN-Korea Selatan, KTT ke-26 ASEAN-Jepang, dan KTT ke-11 ASEAN-Amerika Serikat.

Pertemuan lainnya adalah KTT ASEAN-Kanada, KTT ke-26 ASEAN Plus Three, KTT ke-20 ASEAN-India, KTT ke-3 ASEAN-Australia, KTT ke-18 Asia Timur (EAS), dan KTT ke-13 ASEAN-Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga: Pantauan Lalu Lintas Jelang KTT ASEAN, Semanggi-Sudirman Lengang

Total ada 22 negara yang akan hadir dalam rangkaian KTT ini, sebelas di antaranya adalah negara-negara anggota ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Brunei Darussalam, dan Timor Leste.

Lalu, ada sembilan negara mitra wicara ASEAN yang akan hadir yakni Korea Selatan, Jepang, India, China, Australia, Selandia Baru, Kanada, Rusia, dan Amerika Serikat.

Selain itu, ada dua negara undangan yakni Bangladesh dan Kepulauan Cook. Bangladesh diundang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA), sedangkan Kepulauan Cook sebagai Ketua Pacific Islands Forum (PIF).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com