Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Sebut Harga Banyak Komoditas Turun, Kecuali Beras

Kompas.com - 31/08/2023, 17:18 WIB
Ardito Ramadhan,
Bagus Santosa

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa harga berbagai bahan pangan tercatat turun dalam beberapa waktu terakhir, kecuali beras.

Hal ini ia sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

"Saya senang bahwa harga-harga yang saya pantau di pasar dalam minggu ini, saya cek di Pekalongan, saya cek lagi di Palu semuanya pada posisi menurun. Hanya satu yang kita masih miliki masalah di urusan beras," kata Jokowi, Kamis siang.

Baca juga: Jokowi Soroti Kenaikan Harga Beras

Jokowi mengungkapkan, kenaikan harga beras pada Juli 2023 berada di level 6,4 persen, lebih tinggi dari angka inflasi secara umum sebesar 3,08 persen.

Jokowi menuturkan, masalah harga beras tersebut merupakan dampak dari terjadinya El Nino.

Ia mengatakan, gara-gara El Nino, negara-negara pengekspor beras seperti India, Kamboja, dan Bangladesh kini tidak mau melepas beras ke luar negeri.

"Ya bagaimana harga besar enggak naik mereka semuanya enggak ekspor, pegang untuk keamanan dalam negerinya. Sehingga perlu saya ingatkan urusan beras tolong diliat terus, ini kebutuhan pokok kita," kata Jokowi.

Demi mengantisipasi itu, stok beras di gudang Bulog sudah ditingkatkan dari 1,2 juta ton menjadi 1,6 juta ton, dan masih ada 400.000 ton beras yang sedang dalam perjalanan.

Baca juga: Kata Jokowi soal Usul Pertamina Ganti Pertalite ke Pertamax Green 92

Ia melanjutkan, pemerintah juga akan mendistribusikan bantuan pangan beras sebanyak 10 kilogram untuk satu keluarga penerima manfaat selama 3 bulan mulai September 2023.

"Ini juga seperti semioperasi pasar, sehingga tiap bulan akan keluar 210.000 ton setiap bulan selama 3 bulan, September, Oktober, November akan terus berikan bantuan pangan berupa beras kepada penerima manfaat sebesar 21,3 juta penerima manfaat, besar sekali," kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com