Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Yakin Prabowo Menang Telak jika Ganjar-Anies Bersatu

Kompas.com - 26/08/2023, 12:44 WIB
Fika Nurul Ulya,
Novianti Setuningsih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman meyakini bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, bakal menang jika Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan bergabung menjadi pasangan calon di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini menyusul adanya hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan potensi kemenangan keduanya atas Prabowo Subianto melalui skema head to head.

"Justru semakin optimis (menang), sangat-sangat yakin. Justru itulah kunci kemenangan kami," kata Habiburokhman saat ditemui di Lapangan Bola Gedung, Condet, Jakarta Timur, Sabtu (26/8/2023).

Ia mengatakan, peluang kemenangan Prabowo bisa terjadi lantaran Gerindra konsisten menjadi partai yang akan melanjutkan program-program pemerintahan selanjutnya.

Baca juga: Berseloroh ke Warga Condet, Gerindra: Emak-emak, kalau Mantunya Enggak Dukung Prabowo, Pecat

Sementara itu, ia mengatakan, koalisi yang mendeklarasikan Anies Baswedan saat ini merupakan koalisi perubahan, yang bertentangan dengan narasi keberlanjutan.

"Teman-teman Gerindra konsisten 100 persen keberlanjutan. Kita tidak ada mix antara keberlanjutan dengan perubahan yang ekstrem," ujar Habiburokhman.

"Karena kami konsisten pada sikap kami, yaitu melanjutkan situasi yang sudah sangat baik ini. Capaian-capaian yang sudah sangat maksimal ini, kami tinggal lanjutkan," katanya lagi.

Lebih lanjut, ia bertanya-tanya bagaimana caranya mencampurkan antara keberlanjutan dan perubahan jika Ganjar dan Anies resmi berduet.

"Enggak tahu caranya bagaimana kalau ada orang yang mix antara perubahan dan keberlanjutan. Kami 100 persen akan melanjutkan capaian pemerintah Pak Jokowi," ujarnya.

Baca juga: Harap PSI Segera Dukung Prabowo, Gerindra: Kami Doakan Hati Mereka Terketuk

Sebelumnya diberitakan, wacana duet Ganjar-Anies pertama kali terlontar dari pernyataan Ketua DPP PDI-P Said Abdullah.

Saat itu, Said mengaku tidak mau meremehkan potensi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memenangkan skema head to head melawan Prabowo dari hasil survei Litbang Kompas.

"Bagi kami, Anies Baswedan bukan kompetitor yang patut diremehkan. Beliau dengan Ganjar adalah sosok calon pemimpin yang cerdas," ujar Said saat dimintai konfirmasi pada 21 Agustus 2023.

Ia mengatakan, Anies dan Ganjar merupakan satu almamater, yakni lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM). Oleh karena itu, Said membayangkan Anies dan Ganjar bersatu di Pilpres 2024.

"Apalagi, jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan. Tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita ke depan, sama-sama masih muda, cerdas, dan energik," kata Said.

Baca juga: Gerindra Yakin Elektabilitas Prabowo Akan Terus Naik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com