Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilas Perjalanan Aspirasi Polwan Menjadi Korps di Polri

Kompas.com - 23/08/2023, 12:28 WIB
Aryo Putranto Saptohutomo

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) pada tahun ini akan memperingati hari jadi ke-75.

Korps Polwan akan berulang tahun pada 1 September mendatang. Sebelum menjadi sebuah korps, Polwan hanya merupakan sebuah seksi dalam struktur Polri.

Usulan supaya seksi Polwan ditingkatkan statusnya menjadi korps muncul dalam Konferensi Dinas Polisi Wanita di Jakarta, pada Juli 1966.

Baca juga: Hadiri Undangan Putranya Jadi Paskibraka di Istana, Polwan Lampung Masuk Nominasi Busana Terbaik

Menurut pemberitaan surat kabar Kompas pada 29 Juli 1966, dalam konferensi itu usulan supaya seksi Polwan ditingkatkan menjadi korps patut diwujudkan.

Selain itu, Polwan juga diharapkan mampu mengemban tugas sebagai aparat penegak hukum yang menjaga keamanan masyarakat setara dengan sejawatnya yang pria.

 

HUT pertama

Setelah itu, usulan menaikkan status Polwan dari seksi menjadi sebuah korps diterima dan disahkan.

Alhasil, pada 1 September 1973 ditetapkan sebagai hari jadi ke-1 Korps Polwan, seperti dikutip dari surat kabar Kompas edisi 29 Agustus 1973.

Menurut Kepala Pusat Polwan Mabes Polri, Kol. Pol. Ny. Situmorang, lahirnya Korps Polwan menjawab kebutuhan dan tantangan zaman.

Baca juga: Sosok Briptu Tiara Nissa, Polwan Asal Pasuruan yang Jadi Lulusan Terbaik Akpol Turkiye

Sebab dalam perkembangannya, terdapat tugas-tugas yang tidak bisa dilaksanakan oleh seorang polisi pria. Contohnya seperti memeriksa atau menggeledah tubuh seorang perempuan terkait pengamanan atau penegakan hukum.

Dalam HUT ke-1 Polwan itu turut dihadirkan para perempuan yang dianggap sebagai pelopor Polwan.

Mereka adalah Kol. Nelly Pauna Situmorang, Letkol. Jasminar Husein, Letkol. Maryana Mufti, Letkol. Dahniar Sukoco, Letkol. Rosmalia Pramono, dan Letkol. Rosnalia Thaher.

Ke-6 perempuan pelopor Polwan itu sempat mengikuti pendidikan polisi di Sukabumi, dan kemudian setelah lulus ditempatkan di Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

Baca juga: Polwan Indonesia Jadi Lulusan Terbaik di Akademi Kepolisian Turkiye, Erdogan Titip Salam untuk Jokowi

Dari 6 perempuan itulah Korps Polwan saat itu berkembang dan beranggotakan 933 personel.

Mereka juga menginginkan supaya perlakuan terhadap mereka disamakan dengan sejawat pria, baik dari pendidikan, pangkat, dan jabatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com