Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 23 Agustus Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 22/08/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 23 Agustus 2023 jatuh pada hari Rabu. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Peringatan Konferensi Meja Bundar (KMB).

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 23 Agustus 2023.

Hari Peringatan Konferensi Meja Bundar

Pada 23 Agustus 1949 terjadi peristiwa bersejarah karena terjadinya Konferensi Meja Bundar (KMB). 

KMB diadakan di Den Haag, Belanda. Tujuan diadakannya KMB yakni untuk menandakan berakhirnya perang antara Indonesia dengan Belanda. 

KMB berlangsung sampai 2 November 1949. Hasilnya mayoritas suara setuju mengakui kedaulatan Indonesia.

Hasil kesepakatan tersebut kemudian diajukan kepada KNIP untuk disahkan. Lalu pada 16 Desember 1949, Soekarno terpilih sebagai presiden Republik Indonesia Serikat (RIS) yang kemudian baru dilantik keesokannya pada 17 Desember 1949.

Selain presiden, kabinet RIS yang pertama juga dibentuk di bawah pimpinan Drs. Mohammad Hatta selaku Perdana Menteri, dilantik oleh presiden.

Dengan demikian, KMB menghasilkan pengakuan Indonesia secara de jure pada 17 Agustus 1945.

Hari Penghapusan Budak Internasional

Setiap tanggal 23 Agustus dirayakan sebagai Hari Penghapusan Budak Internasional.

Tujuan adanya hari ini yakni untuk mengingatkan maraknya kasus perdagangan manusia dengan membuat mereka menjadi budak. 

Diperingati pada tanggal 23 Agustus karena bertepatan dengan terjadinya pemberontakan pada tanggal 23 Agustus 1791 di Santo Domingo, Haiti, dan Republik Dominika.

Sistem perdagangan manusia terjadi sudah dari era 1790. Terdapat lebih dari 480.000 orang diperbudak di Koloni Inggris. Banyak orang yang diperbudak dan dipaksa bekerja keras di perkebunan di Karibia dan Amerika. 

Pada tahun 1807, pemerintah Inggris mengeluarkan Undang-Undang yang menghapuskan perdagangan budak di seluruh Kerajaan Inggris, tetapi perbudakan tetap ada di koloni sampai akhirnya dihapuskan pada tahun 1838. 

Baca juga: Kronologi Ibu Dua Anak Asal Cianjur Disekap dan Dijadikan Budak Seks di Dubai

Hari Penerbangan Murah 

Tanggal 23 Agustus juga diperingati sebagai Hari Penerbangan Murah atau Cheap Flight Day

Ini menjadi momen untuk Anda melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Sebab biasanya untuk memperingati hari ini, maskapai menurunkan tarif dari 10 sampai 20 persen. 

Analisis yang dirilis oleh tim di belakang Google Flights menunjukkan bahwa membeli penerbangan pada hari Selasa, Rabu, atau Kamis bisa menghemat uang karena tarifnya lebih murah.

Referensi: 

  • Supriatna, Nana dan Kosim, Mamat Ruhimat. IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah). (2006). Jakarta: PT Grafindo Media Pratama
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com