Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Timwas Apresiasi Kekompakan Jemaah Haji Asal Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan

Kompas.com - 25/06/2023, 19:22 WIB
Aningtias Jatmika,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Samsu Niang mengapresiasi kekompakan jemaah haji asal Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, dalam pelaksanaan Ibadah Haji 2023.

Hal itu disampaikan saat Samsu Niang bersama Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR mengunjungi pemondokan di Aziziah di Sektor 3, Kota Mekkah, yang dihuni jemaah haji asal Kabupaten Wajo dan berbagai daerah di seluruh Indonesia, Sabtu (24/6/2023).

“Saya mengapresiasi inisiatif dokter yang memeriksa kondisi kesehatan jemaah haji secara berkala. Mereka yasi wajori atau gotong royong dengan mengumpulkan jemaah bersama dengan KBIH di tempat (hotel) itu,” ujar Samsu Niang dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (25/6/2023).

Dia menceritakan salah seorang jemaah bernama Abdullah asal Embarkasi Makassar yang bergabung dalam satu kamar dengan jemaah asal Kabupaten Wajo karena sakit. Menurutnya, kekompakan kelompok jemaah Kabupaten Wajo dalam membantu Abdullah melaksanakan ibadah haji patut diapresiasi

“Kebersamaan (merupakan hal yang harus) diutamakan. Jika mental jemaah bagus, kesehatan fisik juga akan terjaga,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Dia menambahkan, para dokter juga kerap mengajak jemaah haji yang lanjut usia (lansia) untuk senam. Hal ini dinilai dapat memotivasi semangat jemaah haji.

Pada kesempatan itu, Samsu Niang juga menyoroti sejumlah hal. Menurutnya, satu kamar penginapan dapat diisi maksimal oleh enam jemaah. Kemudian, dia juga meminta agar lansia mendapatkan menu sarapan yang lebih sehat.

“Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama, diharapkan bisa lebih memperhatikan kesehatan jemaah sebelum pelaksanaan wukuf di Arafah,” imbuh Legislator Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel II itu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com