Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggal 19 Juni Memperingati Hari Apa?

Kompas.com - 17/06/2023, 00:00 WIB
Tari Oktaviani

Penulis

KOMPAS.com – Tanggal 19 Juni 2023 jatuh pada hari Senin. Tanggal ini diperingati sebagai Hari Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Konflik Sedunia.

Selain itu, terdapat pula peringatan dan perayaan lain pada hari ini. Berikut beberapa peringatan yang jatuh pada 19 Juni 2023.

Hari Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Konflik Sedunia

Setiap tanggal 19 Juni diperingati sebagai Hari Penghapusan Kekerasan Seksual dalam Konflik Sedunia.

Kekerasan seksual menjadi kasus yang kerap terjadi selama masa perang. Oleh karenanya terbit undang-undang yang mengatur itu selama konflik bersenjata terjadi yang dinamakan Kode Lieber pada bulan Februari 1863 di Amerika Serikat.

Dalam undang-undang tersebut, penyerangan seksual secara eksplisit disebutkan sebagai tindakan yang dapat dihukum dan perkosaan sebagai pelanggaran yang dapat dieksekusi. 

Banyaknya kejadian kekerasan seksual selama masa konflik juga mendapat perhatian dari Komite Palang Merah Internasional (I.C.R.C.).

Tujuan adanya hari ini untuk mendorong orang melindungi perempuan dan anak perempuan dalam kekerasan seksual.

Baca juga: Penyintas Kekerasan Seksual Harus Dapat Pendampingan dan Perlindungan

Hari Kucing Garfield

Setiap tanggal 19 Juni dirayakan Hari Kucing Garfield di Amerika Serikat. Garfield merupakan salah satu tokoh komik jenis kucing dengan kepala dan wajah yang khas.

 

Ia dikenal sebagai kucing gemuk dan pemalas. Ketenaran Garfield membuat orang menginginkan kucingnya seperti Garfield. Dengan warna bulu oranye dan betubuh besar kerap identik dengan kucimg Garfield.

Garfield merupakan karya komikus dari Jim Davis. Dirayakan pada tanggal 19 Juni karena bertepatan dengan Komik Garfield yang pertama kali diterbitkan pada 19 Juni 1978. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com