Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Baku Tembak Teroris di Lampung, 1 Polisi Tertembak dan 2 Anggota JI Ditembak Mati

Kompas.com - 14/04/2023, 14:08 WIB
Rahel Narda Chaterine,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror (AT) Polri menangkap enam tersangka teroris di Kawasan Mesuji dan Pringsewu, Lampung, 11-12 April 2023.

Keenam terduga teroris tersebut tergabung dalam kelompok jaringan Jamaan Islamiyah (JI).

Juru Bicara Densus 88 AT Polri Kombes Aswin Siregar mengungkapkan saat proses penangkapan sempat terjadi baku tembak antara personel dan para teroris JI yang hendak ditangkap.

"Operasi berlangsung cukup sukses walaupun di dalamnya terjadi baku tembak antara tim Densus 88 dan para tersangka tidak pidana terorisme tersebut," kata Aswin di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/4/2023)

Meski begitu, operasi berjalan lancar sehingga polisi mengamankan enam teroris dengan inisial NG alias BA alias SA, ZK, PS alias JA, H alias NB, AM, dan KI alias AS.

Baca juga: Peran 6 Teroris yang Ditangkap Densus 88 di Lampung, Pemilik Bunker hingga Penyimpan Senjata M16

Aswin menjelaskan, penangkapan pertama dilakukan Tim Densus 88 pada tanggal 11 April 2023 terhadap tersangka berinisial PS alias JA dan NG alias BA alias SA.

Sedangkan, empat tersangka lainnya ditangkap pada 12 April 2023.

Terkait penangkapan itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan Densus 88 tidak akan berhenti mencari dan memberantas pelaku teror di Indonesia.

"Kami sampaikan bahwa petugas Densus tidak akan berhenti dalam melakukan tindakan pencegahan maupun penindakan dalam memberantas terorisme di Indonesia," ujar Ramadhan.


2 teroris tewas

Menurut Aswin, dalam proses penangkapan dua teroris berinsial NG alias BA alias SA dan ZK melakukan perlawanan sehingga terjadi baku tembak.

Maka itu, personel Densus 88 di lapangan melakukan tindakan tegas terukur dengan menembak teroris itu sehingga kini meninggal dunia.

Baca juga: Densus 88 Ungkap Peran 6 Teroris di Lampung, Ada yang Kelola Bunker Pembuatan Senjata

“Dua di antaranya harus dilumpuhkan atau dilakukan tindakan tegas karena memberikan perlawanan," kata Juru Bicara Densus 88 AT Polri Kombes Aswin Siregar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Sementara itu, empat teroris JI lainnya diamankan dan sedang diperiksa secara intensif.

1 polisi luka

Tak hanya memakan korban dari pihak teroris, ternyata baku tembak yang terjadi juga membuat seorang Densus 88 AT Polri berinsial Jo terkena tembakan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com