Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Tim Kemendagri Terjun ke Palu untuk Pulihkan Roda Pemerintahan

Kompas.com - 01/10/2018, 10:04 WIB
Reza Jurnaliston,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar menuturkan, Kemendagri akan menerjunkan tim untuk menangani lumpuhnya roda pemerintahan di pemerintah daerah yang terkena dampak bencana gempa dan tsunami di kabupaten Donggala dan kota Palu, Jumat (28/9/2018).

Bahtiar mengatakan, Mendagri Tjahjo Kumolo telah mengintruksikan kepada jajaran di Kemendagri untuk memberikan pendampingan kepada pemda dalam memberikan pelayanan masyarakat untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat tak tertunda.

"Besok Selasa (2/10/2018) rencana tim turun untuk melihat kendala langsung di lapangan," ujar Bahtiar melalui sambungan telepon kepada Kompas.com, Senin (1/10/2018).

Bahtiar mengungkapkan Mendagri juga telah memberi surat edaran untuk daerah menyatakan darurat bencana, karena dalam kondisi ini pemerintah daerah dalam keadaan bencana bisa untuk menggunakan dana angarannya dalam keadaan darurat.

Baca juga: 5 Fakta Gempa dan Tsunami Palu: Rebutan Makanan, Fenomena Tanah Bergerak, dan 832 Korban Jiwa

Bahtiar menambahkan, saat ini pihaknya terus menginventarisir jumlah kabupaten dan kecamatan di Palu yang lumpuh akibat bencana gempa dan tsunami.

“Kan banyak menjadi korban. Kemendagri masih mendata jumlah aparat yang menjadi korban, kan saat ini belum kelihatan berapa misalnya di Pemda Palu, Kabupaten Donggala, serta Pemerintahan provinsi Sulawesi Tengah,” kata Bahtiar.

“Tetapi prinsip-prinsip pemerintahan harus berjalan oleh karena tugas kita membantu tugas pemda provinsi, pemda kabupaten kita setempat dalam hal pelayanan-pelayanan tertentu, misalnya KTP dari tim Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatn Sipil) nanti dicek lagi di kecamatan,” sambung Bahtiar.

Baca juga: BNPB Kesulitan Dapat Laporan dari 3 Lokasi Terdampak Gempa dan Tsunami di Sulteng

Sebelumnya, gempa berkekuatan magnitudo 7,4 dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9/2018).

Selain itu, gempa juga menyebabkan gelombang tsunami yang terjadi di Pantai Palu dengan ketinggian 0,5 sampai 1,5 meter, pantai Donggala kurang dari 50 sentimeter, dan Pantai Mamuju dengan ketinggian 6 sentimeter.

Data hingga Minggu (30/9/2018) siang, korban tewas akibat gempa dan tsunami ini bertambah menjadi 832 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com