Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Terima Presiden Mikronesia di Istana Bogor

Kompas.com - 18/07/2018, 11:56 WIB
Fabian Januarius Kuwado,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo, Rabu (18/7/2018) pagi, menerima kunjungan kenegaraan Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M. Christian di Istana Presiden Bogor.

Christian tiba di Istana Bogor pukul 10.10 WIB. Mobil yang ia kendarai dikawal oleh Pasukan Nusantara.

Presiden Jokowi menyambutnya di pelataran Istana. Acara kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan dan inspeksi pasukan.

Dalam upacara tersebut, dikumandangkan lagu kebangsaan kedua negara diiringi 21 kali dentuman meriam.

Presiden Jokowi kemudian mengajak Christian ke dalam Ruang Utama Istana Presiden Bogor untuk menandatangani buku tamu, kemudian berbincang-bincang di beranda.

Momen bincang-bincang empat mata dengan pemandangan Kebun Raya Bogor itu populer dengan istilah "veranda talk".

Setelah itu, Jokowi dan Christian melakukan penanaman pohon bersama di halaman belakang Istana. Pohon yang ditanam berjenis kayu ulin.

Acara dilanjutkan dengan pertemuan bilateral bersama masing-masing delegasi kemudian ditutup dengan pernyataan pers bersama.

Mikronesia adalah negara kepulauan berdaulat di wilayah Samudera Pasifik dan terdiri dari empat negara bagian, yakni Yap, Chuuk, Pohnpei, dan Kosrae.

Dalam pertemuan itu, Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com