Besok Ketum Golkar Merapat ke Senayan, Umumkan Nama Ketua DPR? - Kompas.com

Besok Ketum Golkar Merapat ke Senayan, Umumkan Nama Ketua DPR?

Yoga Sukmana
Kompas.com - 10/01/2018, 18:22 WIB
Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat acara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2017). Munaslub ini dilakukan untuk memilih ketua umum baru Partai Golkar yaitu Airlangga Hartarto untuk menggantikan Setya Novanto yang menjadi tersangka kasus pidana korupsi KTP elektronik.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat acara Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (18/12/2017). Munaslub ini dilakukan untuk memilih ketua umum baru Partai Golkar yaitu Airlangga Hartarto untuk menggantikan Setya Novanto yang menjadi tersangka kasus pidana korupsi KTP elektronik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Golkar masih menutup rapat-tapa siapa nama kadernya yang akan menggantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR.

Namun rencananya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto diagendakan akan datang ke Gedung DPR esok hari.

"Besok akan menghadiri rapat pleno Fraksi Golkar dan tentu ini adalah tahap awal dalam rangka menentukan kebijakan lebih lanjut," ujar Sekjen Golkar Idrus Marham di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (10/1/2018).

Saat ditanya apakah Airlangga akan sekaligus mengumumkan nama kadernya yang akan dijadikan Ketua DPR, Idrus menjawab belum.

Ia menuturkan, Ketum Golkar hanya akan memberikan arahan langsung kepada seluruh anggota Fraksi Golkar di DPR.

(Baca juga: Golkar Disarankan Pilih Ketua DPR dari Luar Pansus KPK)

 

Namun, arahan tersebut juga akan mengarah kepada dua hal yaitu kemungkinan revitalisasi DPP Golkar dan terkait dengan Ketua DPR.

"Berarti ujung-ujungnya akan bicara tentang bagaimana Pak Airlangga selaku Ketum menentukan salah satu dari 91 anggota fraksi ini yang ditugaskan untuk menjadi Ketua DPR," kata Idrus.

Meski begitu Idrus kembali mengatakan pengumuman nama Ketua DPR belum akan diumumkan besok.

Menurutnya, berdasarkan komunikasi internal Golkar, kemungkinan penunjukan Ketua DPR akan dilakukan sekitar 20 Januari 2018.

Hal itu berarti sekitar 10 hari setelah proses pendaftaran Pilkada 2018 rampung.

Kompas TV Fadli Zon mengatakan, tidak ada masalah jika Golkar belum menunjuk Ketua DPR.

PenulisYoga Sukmana
EditorDiamanty Meiliana
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM