Ini Struktur Komisioner Baru Komnas HAM - Kompas.com

Ini Struktur Komisioner Baru Komnas HAM

Fabian Januarius Kuwado
Kompas.com - 14/11/2017, 15:28 WIB
Jajaran pengurus Komisioner baru Komnas HAMFabian Januarius Kuwado Jajaran pengurus Komisioner baru Komnas HAM

JAKARTA, KOMPAS.com - Komposisi kepengurusan tujuh orang komisioner baru Komnas HAM, Selasa (14/11/2017) telah terbentuk.

Posisi ketua dipercayakan kepada Ahmad Taufan Damanik.

"Latar belakang saya adalah dosen di USU sekaligus aktivis NGO dan enam tahun terakhir ini bekerja di komisi ASEAN," ujar Ahmad memperkenalkan diri kepada wartawan di kantornya.

(Baca juga : Komisioner Baru Komnas HAM Diminta Tuntaskan Pelanggaran HAM Berat)

Posisi Wakil Ketua Bidang Internal dipercayakan kepada Hairansyah. Ia dikenal sebagai salah satu mantan Komisioner KPU Kalimantan Selatan.

Posisi Wakil Ketua Bidang Eksternal dipercayakan kepada Sandrayati Moniaga. Ia adalah satu-satunya komisioner Komnas HAM periode 2013- 2017 yang kembali terpilih di periode 2017-2022 ini.

"Beliau adalah aktivis lingkungan serta pegiat masyarakat adat," ujar Ahmad.

(Dari kiri ke kanan) Komisioner baru Komnas HAM, Mochammad Choirul Anam, Hairansyah, Ahmad Taufan Damanik, Sandrayati Moniaga, Beka Ulung Hapsara, Amiruddin Al Rahab dan Munafrizal Manan saat berfoto bersama di kantornya, Selasa (14/11/2017).Fabian Januarius Kuwado (Dari kiri ke kanan) Komisioner baru Komnas HAM, Mochammad Choirul Anam, Hairansyah, Ahmad Taufan Damanik, Sandrayati Moniaga, Beka Ulung Hapsara, Amiruddin Al Rahab dan Munafrizal Manan saat berfoto bersama di kantornya, Selasa (14/11/2017).

Selanjutnya, Koordinator Subkomisi Pemajuan HAM diserahkan kepada Beka Ulung Hapsara.

Ulung membawahi dua posisi, yakni Komisioner Pendidikan dan Penyuluhan yang juga ia jabat rangkap dan Komisioner Pengkajian dan Penelitian yang dipercayakan pada Mochammad Choirul Anam.

Selain itu, Koordinator Subkomisi Penegakan HAM dijabat Amiruddin Al Rahab. Ia membawahi dua posisi, yakni Komisioner Pemantauan dan Penyelidikan yang ia jabat rangkap, Komisioner Mediasi yang dipercayakan pada Munafrizal Manan dan Komisioner yang diserahkan pada tim khusus.

Ahmad mengatakan, sidang paripurna pertama ini berjalan dengan penuh suasana terbuka dan keakraban. Ia yakin ke depan, Komnas Ham akan solid dalam bekerja.

 

 

PenulisFabian Januarius Kuwado
EditorDiamanty Meiliana

Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM